oleh

Terjadi Perubahan, Banyak Warga Sinkronisasi Data

PRABUMULIH – Selain ramai didatangi warga, yang hendak berurusan data penduduk. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) juga ramai didatangi warga yang melakukan sinkronisasi data.

Kepala Disdukcapil Haryadi SH MH melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Nodirullah SKom, menuturkan sinkronisasi biasanya terjadi bila ada perubahan data.

“Ada perubahan data, seperti pindah alamat, pisah KK, data ganda. Dan yang sering terjadi tidak valid karena pernah pindah,” kata Nodirullah, Senin (11/1/2021).

Nodi menuturkan proses sinkronisasi biasanya hanya membutuhkan waktu 1×24 jam. “Setelah proses biasanya tidak lama, 1×24 sudah bisa valid,” ucapnya.

Disampaikannya, setiap hari selalu ada warga yang meminta untuk sinkronisasi. “Dan itu biasanya yang sinkronisasi itu, setiap stakeholder yang bekerja sama dengan Capil. Sehingga kalau ada perubahan harus disinkronkan,” terangnya.

Adapun warga yang melakukan sinkronisasi lanjut dia, yakni untuk kepengurusan seperti BPJS, keperluan Dapodik untuk para guru, hingga keperluan untuk berurusan dengan bank. “Termasuk juga KUA, karena KUA datanya harus sinkron,” imbuhnya.

Kasi Pengolahan Data Ani Mursyidah SP menambahkan, rata-rata kepengurusan sinkronisasi lebih dari 50 per hari. “Apalagi saat tertentu, misal lagi penerima CPNS banyak yang minta sinkron. Kemudian untuk dapodik dan BPJS. Pernah per hari hampir seratus permintaan sinkronisasi,” bebernya.

Diakuinya proses sinkronisasi paling cepat 1 x 24 jam. Hanya saja terkadang, lebih dari itu. ” Kalau lebih dari itu belum online, masalah bukan di capil. Karena kita dari sini kirim data ke pusat, dan pusat yang menyingkronkan,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed