oleh

Terima Bantuan Mobil Dump Truk

-Metropolis-50 views

Daur Ulang, Kurangi Sampah

PRABUMULIH – Bantuan satu unit mobil Dump Truk dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Senin (7/10) diterima Pemkot Prabumulih. Kendaraan tersebut langsung diserahkan ke kelompok masyarakat Pengelolan Pusat Daur Ulang (PDU), yaitu Bank Sampah Unit (BSU) Padu Mandiri.

Wakil Walikota (Wako), H Andriansyah Fikri SH mengungkapkan, bantuan mobil dump truk ini benar-benar dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, untuk membantu pengumpulan sampah, guna didaur ulang.

“Selain dimanfaatkan, jelas mobil dump truk dirawat dan dijaga dengan baik,” ujar Fikri. Siapa tahu, akunya jika terkelola dan termanfaatkan dengan baik. Tentunya, akan adanya bantuan lain lagi. “Intinya, adanya mobil dump truk ini bisa mengurangi sampah di kota ini melalui proses daur ulang,” terangnya.

Ia juga meminta, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan pengawasan dan evaluasi bantuan diberikan sehingga benar-benar dimanfaatkan kelompok masyarakat, untuk membantu Pemkot mengurangi sampah. “Jangan sampai, bantuan diberikan tidak termanfaatkan dan menjadi sia-sia,” terangnya.

Kepala DLH, Ir H Dwi Koryana menerangkan, ada empat indikator digunakannya mengurangi sampah. Yaitu, Bank Sampah, Daur Ulang, TPS 3R, dan TPA. “Sejauh ini, sekitar 6 ton sampah masuk didaur ulang. Harapannya, adanya mobil dump truk ini sampah didaur ulang bisa bertambah menjadi dua kali lipat dan lebih banyak lagi,” jelasnya.

Nantinya, akunya adanya mobil dump truk, sampah tidak diterima di Bank Sampah. Bisa didaur ulang BSU Padu Mandiri, seperti; sampah kantong kresek, sampah kaca, sampah tali plastik, dan lainnya. “Sampah tidak diterima Bank Sampah. Bisa diterima dan didaur ulang BSU Padu Mandiri. Dibeli dengan harga tertentu,” kata dia.

Sementara itu, Ketua BSU Padu Mandiri, Muhajir menjelaskan, berterima kasih atas bantuan mobil dump truknya. “Akan kita manfaatkan, khususnya masalah daur ulang sampah kita kelola. Sehingga, bisa mendukung program Pemkot mengurangi sampah,” tukasnya.

Lanjutnya, adanya mobil dump truk ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan sampah di BSU Padu Mandiri. “Jelas memudahkan kita dalam pengangkutan sampah, untuk dikelola dan didaur ulang,” tambahnya. (03)

Komentar

News Feed