oleh

Terdata Banyak Janda Dibanding Duda

-Kecamatan-13 views

SUNGAI MEDANG – Dari hasil pendataan yang dilakukannya oleh Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Cambai, tercatat 301 janda dan duda sepanjang tahun 2020.

Adapun jumlah janda yakni sebanyak 237 orang, sementara jumlah duda hanya 64 orang. Dengan kata lain, jumlah janda hampir 4 kali lipat dibandingkan duda.

Lurah Sungai Medang, Dedi Arman menuturkan janda dan duda tersebut dari berbagai usia. “Mulai dari muda hingga yang sudah tua,” katanya.

Sementara penyebab, banyaknya janda dan duda diwilayah dikarenakan beberapa faktor. “Ada yang menjanda karena suami meninggal, ada karena memang pisah dengan pasangan,” ungkapnya.

Selain mendata jumlah janda dan duda, kelurahan juga rutin mendata jumlah penduduk yang ada di Kelurahan Sungai Medang. “Total penduduk 5.065, yang terdiri dari 2.374 laki-laki dan 2.691 perempuan. Kemudiannya dengan adanya data menjadi acuan bagi kita bila sewaktu-waktu diperlukan misal untuk program bantuan,” tukasnya.

Sementara itu, tak hanya di Kelurahan Sungai Medang pendataan jumlah penduduk juga rutin dilakukan oleh kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan. “Data dari laporan RT RW, mulai dari jumlah penduduk, pendatang, yang pindah, meninggal, lahir termasuk data janda dan duda,” kata Lurah Majasari Inggit Damayanti SE(08)

Komentar

News Feed