oleh

Tempatkan Kantin di Halaman Sekolah

-Pendidikan-121 views
  • Alasan Mudah Awasi Siswa

PRABUMULIH– Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Prabumulih pindahkan kantin dari sebelumnya berada di belakang gedung sekolah menjadi di halaman depan.

Hal ini dilakukan agar para guru piket dapat dengan mudah mengawasi para siswa saat jajan di kantin sekolah.

“Kita meminimalisir agar para siswa tidak menjadikan alasan saat luar sekolah pada waktu jam belajar karena itu dengan kantin Pindah di depan ruang sekolah maka para guru piket bisa dengan mudah mengecek siswa saat datang ke kantin.

Kepala sekolah MAN 1 Prabumulih Muslim Arif SPd mengatakan bahwa kantin Sekolah boleh dikunjungi pada saat jam istirahat atau pagi sebelum masuk kelas.

Bahkan pria ini memberikan kebebasan untuk para siswa yang jika benar-benar belum sarapan untuk dapat makan di dalam ruang kelas meski Pada saat jam belajar.

“Kita tidak perlu terlalu kaku, yang penting para siswa bisa mengikuti rangkaian pembelajaran bahkan pada saat kita kuliah dulu memiliki kebebasan untuk makan sambil belajar di dalam ruang kelas namun tetap fokus pada pelajaran,” jelasnya.

Dia mengatakan tujuan utama belajar yaitu ketuntasan  materi pembelajaran, jika siswa dapat di mencerna dengan  pembuktian melalui penyelesaian berbagai tugas Pada saat jam mata pelajaran berakhir. “Sama seperti kebijakan menteri pendidikan sekarang, yaitu merdeka belajar, para siswa bisa belajar seperti saat kita kuliah dulu, bebas tapi sopan,” tandasnya.

Lebih jauh pria ini mengatakan bahwa  MAN 1 juga memiliki kantin jujur yang mana para siswa bebas mengambil barang apa saja dan menempatkan uang di koperasi sesuai dengan harga yang sudah ditentukan. “Kantin tersebut tidak ada yang menunggu hanya kita menanamkan pendidikan karakter kejujuran kepada para siswa dengan penghitungan barang yang terjual dengan uang yang masuk,” tandasnya.(05)

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed