oleh

Tempatkan di Dua Faskes

-Metropolis-86 views

Belasan Dokter Internsip

PRABUMULIH – Sebanyak 18 dokter internsip asal Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dan Universitas Sriwijaya (Unsri) bakal mengikuti Program Intensif Dokter Indonesia (PIDI) di Prabumulih.

Para dokter internsip, informasi dihimpun koran ini bakal mengabdikan diri selama setahun di dua lokasi alias fasilitas kesehatan (Faskes). Yaitu; RS AR Bunda dan Puskesmas Prabumulih Timur.

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM menerangkan, agar para dokter internsip ini selama menjalankan tugasnya bisa bekerja dan mengabdikan diri dengan baik di Kota Nanas ini.

“Harapannya, para dokter internsip ini bisa mendukung program Pemkot. Karena, ke depannya kita memadukan pelayanan PSC 119 dengan pengobatan herbal,” ungkap Ridho, sapaan akrabnya usai membuka penerimaan para dokter internsip tersebut di Ruang Rapat Lantai 1, Gedung Pemkot, Kamis (10/10).

Kata dia, bagi dokter internsip berprestasi berpeluang mengikuti seleksi CPNS di Prabumulih dan bisa mengabdikan diri lebih jauh sebagai pegawai Pemkot. “Meski Pemkot belum bisa memberikan insentif. Harapannya, para dokter internsip ini bekerja dengan baik. Sehingga, bisa memberikan pelayanan medis kesehatan terbaik di tempatnya mengabdi,” tukasnya.

Apalagi, kata Ridho, punya kewenangan atau hak untuk melakukan penilaian terhadap para dokter internsip selama mengabdi di Kota Nanas ini.

“Mengabdikan diri dengan sebaik-baiknya, disiplin dan jangan malas-malasan melaksanakan tugas,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH menerangkan, 6 dokter internsip tahap awal ditempatkan di Puskesmas Prabumulih Timur. Lalu, 12 dokter internsip di RS AR Bunda.

“Sebenarnya, kita bagi tiga kelompok. Setelah 4 bulan, kita rolling dokter internsip ini baik di Puskesmas Prabumulih Timur dan RS AR Bunda,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai arahan Wako. Ia berharap, dokter internsip bisa mendukung program kerja Pemkot. “Bekerja dengan baik sesuai tupoksinya, berikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Dalam rangka menjalani PIDI di kota ini selama setahun,” tukasnya.

Terpisah, Direktur RS AR Bunda, dr H Alip Yanson MARS mengungkapkan, kalau para dokter internsip efektifnya pada Senin mendatang (14/8) mulai bekerja di rumah sakitnya.

“Kita kebagian 12 dokter internsip bekerja selama 4 bulan terlebih dahulu di RS AR Bunda. Nantinya, kita tempatkan di sejumlah instalasi RS untuk membantu pelayanan kesehatan,” bebernya.

Masih kata dia, setelah 4 bulan akan ada rolling lagi antar dokter internsip tersebut. “Tetap jumlahnya 12 orang, lamanya mengabdi para dokter internsip tersebut kurang lebih setahun,” tandasnya. (03)

Komentar

News Feed