oleh

Tegur Warga dengan Bagikan Masker

-Kecamatan-27 views

GIB – Pencegahan penyebaran Covid-19 dengan protokol kesehatan (protkes), ternyata tak sepenuhnya dijalankan oleh masyarakat.

Hal ini menjadi perhatian serius bagi Lurah Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Joko Arif ST. “Masyarakat ini sebagian, dengan imbauan  saja masih tidak patuh,” kata Lurah GIB Joko Arif.

Karena itulah, selain gencar sosialisasi secara langsung ataupun melalui spanduk imbauan Arif berinisiatif menggunakan cara lain. Yakni, dengan memberikan langsung masker kepada warga yang kedapatan tak menggunakan masker diacara ataupun hajatan diwilayah GIB. “Dalam setiap hajatan di wilayah GIB, kita bagikan masker ke warga yang hadir tapi tak mengenakan masker. Ini sebetulnya teguran keras,” ujar suami dari Hanna Monica ini.

Menurutnya, dengan dibagikan masker warga yang tak patuh tak lagi memiliki alasan untuk tidak mematuhu protokol kesehatan. “Kalau alasan tidak ada masker, kita kasih. Jadi kita tak hanya sekedar menghimbau tapi memberikan solusi,” imbuhnya.

Tak hanya kepada masyarakat, Arif juga mengingatkan kepada pemilik hajat ataupun warga yang menggelar hajatan untuk tetap ketat menerapkan protokol kesehatan. “Kalau ada acara, hajatan tuan rumah wajib menyediakan tempat cuci tangan, jarak tamu atau kursi harus diatur,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Arif mengaku akan tetap gencar mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan covid-19. “Kami dari kelurahan tidak akan pernah bosan sosialisasi, menghimbau masyarakat. Karena upaya mencegah covid dengan protkes, menggunakan masker cuci tangan jaga jarak,” tukasnya.

Upaya Kelurahan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan, mendapat dukungan dari ketua RT RW GIB. Seperti di RT 4 RW 3, spanduk imbauan agar menggunakan masker. Tak tanggung-tanggung, spanduk yang bergambar Lurah GIB itu juga berisikan pemberitaan mengenai denda bagi warga tak menggunakan masker. “Tak bermasker bakal kena denda, kami meneruskan dan mendukung pak lurah yang gencar mensosialisasikan protokol kesehatan,” kata ketua RT 4 Adi Sudomo.(08)

Komentar

News Feed