oleh

Tasmini jabat Plt Kadin PPPA

-Nasional-81 views

MARTAPURA – Tak butuh waktu lama setelah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj Yuniati memasuki usia pensiun, maka Dra Tasmini MM ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Kadin PPPA. Usai dilantik dan dilakukan serah terima jabatan, Tasmini mengaku dirinya siap melanjutkan apa yang tugas dan kewajibannya di DPPPA.
Menurut Tasmini, dalam menjalankan tugasnya, Kadin PPPA akan dibantu beberapa bidang. Dimana Bidang Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dan Bidang Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kedua bidang tersebut memiliki peran yang strategis dan sistematis dalam upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di berbagai asfek kehidupan.
“Salah satu terobosan yang dilakukan bidang yakni, memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan konsep pengarusutamaan gender, agar segala lapisan masyarakat sadar gender, sembari memberikan pembekalan bagi kaum perempuan terutama ibu rumah tangga berupa pelatihan-pelatihan dalam membuat kerajinan, membuat makanan, pemanfaatan barang bekas, dan potensi lokal,” ujarnya.
Lanjut Tasmini dengan adanya program tersebut diharapkan mampu membangkitkan gairah para perempuan untuk membangun usaha dan mewujudkan sentra usaha dan meningkatkan ekonomi keluarga. “Dengan demikian kita sudah menekan angka kekerasan dalam rumah tangga dan meningkatkan kualitas keluarga,” jelasnya.
Kemudian untuk bidang Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak tetap melakukan sosialisasi baik itu bagi perempun dan anak-anak, dengan berbagai macam kemasan sosialisasi, sesuai dengan kebutuhan di sekolah, seperti diadakan seks education penyuluhan tentang narkoba, penyuluhan kekerasan dalam rumah tangga. Karena menurutnya anak yang berkualitas pasti dihasilkan oleh perempuan yang berkualitas.
“Terbentuknya lembaga yang mempunyai kewenangan terhadap anak dan perempuan baik di tingkat kabupaten maupun di kecamatan diharapkan dapat tercipta, keadilan dan kesetaraan gender, terwujudnya sentra industri bagi pengusaha perempuan, meningkatnya kualitas keluarga dapat terlihat dari meningkatkan pendapatan keluarga, terwujudnya lembaga yang berpihak terhadap hak anak baik di desa maupun kecamatan, dan menekan angka kekerasan terhadap anak dan perempuan khususnya di Bumi Sebiduk Sehaluan,” pungkasnya. (awa)

Komentar

News Feed