oleh

Tarik Uang Bantuan, Penerima Dibantu Pendamping

-Kecamatan-186 views

PRABUMULIH – Sejak Jumat (4/10), bantuan Program Keluarga Harapan tahap IV bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dicairkan oleh Kementerian Sosial.

Nah, dalam pencairannya tak sedikit KPM yang meminta pendampingan petugas. Hal itu dilakukan, lantaran belum semua KPM bisa menarik uang menggunakan ATM. “Ada tim yang mendampingi saat pencairan, dan sejak cair hari Jumat ATM BNI itu padat,” kata Koordinator PKH Kota Prabumulih Redi Alfison SE.

Ia menyampaikan, untuk peneria bantuan PKH mencapai 7.448. Sementara saat ini sudah sekitar 12 PK mundur sebagai penerima. “Mereka mundur karena merasa malu, merasa tidak berhak menjadi penerima. Akhirnya dengan kesadaran menyatakan mundur dari PKH,”jelasnya.

Ina salah satu penerima bantuan PKH, memilih meminta bantuan petugas pendaping. “Dak biso nak abek dewek. Selamo ini dak pernah ke Bank, ATM jugo baru tau sejak dapat bantuan inilah. Bingun pulo make pin apo apo, dari pado salah minta bantuan adek adek pendamping,” tutur warga Kelurahan Muara Dua ini.

Banyaknya KPM yang meminta pendampingan, saat penarikan uang di ATM dibenarkan oleh salah satu pendaping PKH. “Iya mbak, karena tidak semua bisa menggunakan ATM. Sebagai pendaping kami melakukan pendampingan,” kata Resa W AMd tim pendamping PKH Kelurahan Sukajadi.

Lebih lanjut Resa menambahkan, rata-rata penerima langsung mengambil bantuan di ATM. Padahal, dana yang masuk dalam rekening tetap tak akan hangus selama dilakukan transaksi. “Biasanya kalau cair penerima langsung mengabil, untuk digunakan sesuai peruntukan criteria,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed