oleh

Targetkan jadi Wisata Tanaman Herbal

KARYA MULIA – Desa Karya Mulia Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), merupakah salah satu penghasil jamu dari tanaman herbal di Kota Prabumulih.

Tak hanya jamu herbal, masyarakat Desa Karya Mulia juga terkenal dengan beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) yang inovatif.

Nah, melihat potensi ini desa Karya Mulia akan berupaya menjadi desa wisata edukatif bidang tanaman herbal. Hal itu seperti yang diungkapkan Kepala Desa Miril Firacha, Selasa (5/1/2021).

“Karena kami melihat potensi desa kami yang lahanya luas, warganya juga banyak ragam ada yg dari Jawa Bali dan sebagainya. Sekarang ini sudah ada banyak kelompok wanita tani,” kata Miril.

KWT tersebut kata Miril, sudah mampu menghasilkan sejumlah produk. Dimana hasil produk tersebut mampu menambah ekonomi masyaarkat. “ Mereka sudah begerak secara berkala, dan Alhamdulillah sudah jadi pendapatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Saat ini ungkap dia, sudah sekitar 15 produk yang ada di desa Karya Mulia. “Produk-produk kami dari herbal semua, ada PRTnya, ada sekitar 9-15. Jadi kami terus berinovasi,” ungkapnya.

Selain olahan minuman herbal, Karya Mulia juga dikenal sebagai penghasil madu berkualitas. “Ada budidaya madu hutan yang madunya kecik kecil harga mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Hasil sarang lebah jug ada diolah lagi untuk kesehatan. Kemudian juga  desa kami ada pupuk cair,”imbuhnya mengatakan bila sebelumnya desa mendapat pembinaan dari Pertamina kini sudah mandiri.

Untuk pemasaran lanjut Miril, saat ini produk warga Karya Mulia justru sudah ke luar pulau Jawa dan Bali. “Kalau pemasaran bersifat dari mulut ke mulut, dari hape. Dan sudah sampai ke Yogyakarta, ke Bali karena desa kami banyak dari pendatang. Justru dari Prabu maish jarang, hanya pesanan pelanggan dari pemkot saja,” jelasnya.

Terkait keinginan, menjadikan Karya Mulia wisata edukatif tanaman herbal. Miril mengutarakan, sudah menyampaikan ke pemerintah kota. “Sudah kami sampaikan, dan intinya kami terus berinovasi muda-mudahan itu bisa terwujud,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed