oleh

Targetkan 400 Rumah Subsidi

PRABUMULIH – Tahun 2021 ini, Real Estate Indonesia (REI) Kota Prabumulih menargetkan sebanyak 400 perumahan subsidi yang akan dibangun.

“Kita memang ada target dari Kementerian PUPR dan pemerintah pusat program 1 juta rumah dan saat ini memang belum tercapai, di Prabumulih sendiri ditargetkan sekitar 400 rumah subsidi yang harus kita alihkan ke konsumen,” kata Ketua REI Prabumulih, Asrori, Senin (22/2/2021).

Hanya saja kata dia, ketatnya persyaratan pihak perbankan semakin mempersulit realisasi tercapai. “Memang kita terkendala aturan perbankan yang sangat ketat karena dampak Covid kemaren. Kemaren pedagang bisa dan sekarang memang belum bisa karena terkendala kebijakan perbankan,” lanjutnya mengaku dengan adanya komisariat bisa meminta keringanan kebijakan perbankan.

Di contohkannya, di tahun 2018 kebawah semua lapisan masyarakat bisa melakukan akad kredit perumahan bersubsidi. Hanya saja mulai tahun 2019 sampai saat ini persyaratan semakin diperketat bahkan sepertinya dipersulit. “Mereka juga tidak mau mengambil resiko, dan mereka lebih memilih kayak TNI/Polri, BUMN, sipil dan lainnya,” jelasnya lagi.

Disinggung urealisasi perumahan subsidi tahun lalu? Asrori mengaku di tahun 2020, dari target 800 perumahan di kota Prabumulih hanya tercapai 120 rumah saja. “Tahun lalu kita minus,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu dia juga menyebutkan, dengan terbentuknya REI ini bisa ikut serta membantu pembangunan di Prabumulih dan pihaknya mengapresiasi Pemkot yang selalu memberikan kemudahan khususnya perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). “Kita juga akan ikut serta membantu program bedah rumah sebanyak 2 unit rumah,” lanjutnya berharap Pemkot membantu pengadaan sarana prasarana seperti air bersih PDAM dan penerangan lampu jalan yang sering menjadi kendala pihaknya.

Ketua Panitia, Alfa Sujatmiko menyebutkan pihaknya siap bersinergi dengan Pemerintah untuk membangun perumahan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Prabumulih. “Baik dari sektor pembangunan di Prabumulih dan perumahan subsidi untuk masyarakat di Prabumulih,” tukasnya.(08/seg)

Komentar

News Feed