oleh

Target Masuk Nominasi

PRABUMULIH – Sebanyak 27 orang siswa  SMAN 7 Prabumulih, ikuti Kompetensi Sains Nasional Kabupaten Kota (KSN- K) di ruang laboratorium Sekolah, selama dua hari kemarin.

KSN-K adalah kompetisi di bidang sains bagi pelajar jenjang SMA/MA yang merupakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik untuk melaju ke tingkat nasional.

Setidaknya ada sembilan bidang yang akan dilombakan dalam KSN 2021, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi.

”Setidaknya 27 siswa kita ikut dalam setiap bidang lomba, masing masing tiga orang siswa yang diharapkan dapat menjadi yang terbaik nantinya,” jelas Kepala Sekolah SMAN 7 Prabumulih, Leonardi Jaye Putra MPd, jumat (4/6/2021).

Kompetisi yang dua tahun sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini,  diselenggarakan secara serentak di 34 provinsi di Indonesia dan 15 Sekolah Indonesia luar Negeri (SILN).

“Pada 3 Juni dilakukan tes untuk lima bidang lomba, yakni matematika, fisika, kimia, informatika dan biologi. Selanjutnya, pada 4 Juni akan diselenggarakan seleksi untuk empat bidang lomba, yakni astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi,” jelasnya.

Pelaksanaan KSN-K dilaksanakan di satuan pendidikan masing-masing guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Namun pengawas dilaksanakan dengan sistem silang. Seperti dari SMA Negeri 7 ada 2 orang pengawas dari SMA PGRI Prabumulih,” bebernya.

Diketahui tahun lalu ada salah seorang siswa SMA Negeri 7 Prabumulih, berhasil masuk di tingkat provinsi. Jaye berharap tahun ini juga ada siswa SMA Negeri 7 yang dapat berhasil menjadi yang terbaik di tingkat provinsi hingga ke tingkat Nasional.

“Tidak masuk si tingkat Kota bisa jadi masuk ditingkat Provinsi.  Karna sistem perangkingan dilakukan secara Nasional. Kita berharap tahun ini ada lagi siswa kita yang masuk nominasi,” tandasnya. (05)

 

Komentar

News Feed