oleh

Target 15 Hari Rumah Mardawi Bisa Dihuni

PRABUMULIH – Mardawi (44), warga Dusun I Desa Sinar Rambang, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) sumrigah. Rumah gubuknya, akhirnya bisa dibedah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) atas dukungan Polres Prabumulih.

Pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) tersebut, ditargetkan 15 hari selesai. Sehingga, bisa segera ditempati Mardawi dan keluarga setelah dibangun.

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, berterima kasih atas dukungan Polres Prabumulih mendukung program Pemerintah kota (Pemkot), guna mengenaskan kemiskinan di Kota Nanas ini.

“Ini bangun rumah, bukan bedah rumah. Soalnya, rumah dibangun baru. Hasil, zakat infak sodakoh (ZIS) pegawai. Kali ini, dibantu Polres untuk mengurangi kekumuhan,” jelas Ridho, sapaan akrabnya, Selasa, 25/6 ketika melakukan peletakan batu pertama.

Ungkapnya, terwujudnya program bedah rumah ini tidak terlepas kerja keras Baznas yang melakukan pengelolaan dengan baik dana ZIS, apalagi setahun dua kali diaudit Inspektorat.

“Hampir setiap bulan, 10 rumah dibangun dari dana ZIS dikelola Baznas. Berkisar Rp 25-30 juta perumahnya,” ujar orang nomor satu di Kota Nanas ini.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH menerangkan, kalau kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke -73, puncaknya pada 1 Juli.

“Bedah rumah ini, terlaksana berkat infak dari personel dikumpulkan selama ini. Guna mendukung Program Pemkot, pengentasan kemiskinan,” terangnya.

Lanjutnya, semoga program ini bisa terus dilanjutkan. Dan, rumah warga yang dibangun bisa terus bertambah dan makin banyak masyarakat merasakan manfaatnya. “Mudah-mudahan, program bedah rumah ini bisa kita dukung terus. Selama ini, kita fokus membantu penyandang disabilitas dan telah banyak dibantu,” pungkasnya.

Ketua Baznas, H Najamuddin Said SAg menyebutkan, program bedah rumah di Desa Sinar Rambang ini murni bantuan Polres Prabumulih.

“Ini rumah ke 7 di Desa Sinar Rambang kita bangun. RKT ke-47 rumah dibangun,” akunya.

Ucapnya, berterima kasih atas kepercayaan Polres Prabumulih atas 100 persen dananya untuk dibangunkan rumah warga. “Mardawi ini, petani karet berpenghasil Rp 800 ribu perbulan. Rumahnya juga telah dihuni selama 5 tahun. Tepat sekali, bantuan program ini digulirkan,” aku Najam.

Bebernya, sangat bermanfaat rumah dibangun bagi penerimanya. Lanjutnya, membantu warga miskin dalam rangka pengentas kemiskinan. “Kita targetkan 15 hari pembangunan selesai, sehingga bisa dihuni,” akunya.

Kades Sinar Rambang, Indarqo menerangkan, berterima kasih atas bantuan program bedah rumah. Ucapnya, karet murah sekarang ini sulit membangun rumahnya.

“Warga kita dikasih bedah rumah, sangat bersyukur. 85 rumah dibangun di Desa Sinar Rambang. Baik, Dinas PUPR, Pertamina Limau, Baznas, dan lainnya,” ucapnya.

Sambungnya, sudah 40 persen dibangun RTLH di Desa Sinar Rambang ini. Ungkapnya, sangat berterima kasih atas kepedulian dan perhatian Pemkot.

“KWH, gas kota, dan rumah warga miskin. Di desa kita ini,” tandasnya. (03)

Komentar

News Feed