oleh

Tantura Ringkus Pelaku Pungli

PRABUMULIH – Tim Patroli Bintara Remaja Tangguh Patuh Trengginas atau Baja Tantura kembali mengamankan pelaku pungutan liar (pungli). Pelakunya adalah Anggi (25) warga kawasan Simpang Tiga Kelurahan Gunung Kemala Kecamatan Prabumulih Barat.
Pelaku diamankan Sabtu dini hari (3/6) saat melakukan pungutan di sekitar gereja Oikoumene, Kelurahan Patih Galung, Prabumulih Barat.
Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SH SIk MH mengatakan, pelaku yang berhasil diamankan tim Baja Tantura Patrol itu diduga salah satu dari pelaku yang kerap melakukan aksi punglinya di kawasan jalan lokasi TKP tersebut.
“Betul tim Tantura kita mengamankan satu pelaku pungli di kawasan Sudirman depan gereja di komplek Pertamina. Barang bukti diduga hasil punglinya sebesar Rp180 ribu rupiah dan satu unit motornya,” ujar Kompol Andi Supriadi kepada koran ini, kemarin (4/6).
Menurut dia, pelaku beserta sejumlah barang buktinya itu saat ini telah diamankan di Mapolres Prabumulih guna dilakukan pemeriksaan secara intensif penyidikan. “Pelaku dan buktinya itu sudah kita amankan dan masih dilakukan pemeriksaannya oleh petugaws penyidik reskrim,” kata dia.
Lebih lanjut disampaikan Andi, jika modus yang dilakukan oleh pelaku ini saat melakukanm kejahatan pungli di lokasi kawasan tersebut adalah dengan cara menyerupai petugas kepolisian yang sedang beroperasi membawa sebuah lampu senter.
“Iya jadi modus pelaku ini dengan menyenter-nyenterkan sinar lampu ke arah mobil angkutan barang yang lewat di jalan lokasi itu sebagai kode mereka mengemis dan paksaan secara psikis ke supir untuk memberikan uang. Lalu supir melemparkan uang ke sekitaran jalan itu, dan mereka pun berjalan ke jalan untuk memungutnya,” bebernya.
Ia pun berharap kepada warga masyarakat agar kiranya tidak untuk kembali melakukan pungli jalanan terhadap supir angkutan yang melintasi jalan di wilayah Prabumulih ini. Bahkan, Andi meminta masyarakat untuk segera melapor langsung padanya jika menemukan hal-hal mencurigakan berkaitan dengan pungli.
“Silahkan sampaikan ke saya kalau masyarakat menemukan hal-hal mencurigakan seperti itu,” tegas dia seraya mengatakan berkaitan dengan hal tersebut, ia menginformasikan bahwa jajarannya sudah berupaya menghilangkan segala praktik pungutan liar dalam setiap pelayanan masyarakat.
Bahkan setiap apel, kata dia, Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM pun terus mengingatkan agar seluruh jajaran tidak melakukan perbuatan pungutan liar kepada masyarakat. “Kita harapkan bersama, di wilayah hukum Polres Prabumulih ini harus menghilangkan praktik pungli,” tandasnya.
Sementara itu, pelaku Anggi dihadapan petugas mengakui segala perbuatannya tersebut serta berjanji tidak akan melakukannya kembali. Menurut dia, dirinya terpaksa melakukan hal tersebut lantaran kebutuhan sehari-harinya. “Iya pak uangnya untuk biaya kebutuhan sehari-hari,” sebutnya. (Mg03)

News Feed