oleh

Tanamkan Rasa Patriotisme pada Siswa

PRABUMULIH – Untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada para siswa di sekolah. Pihak sekolah gelar upacara peringatan Hari kesaktian Pancasila serta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam Medan perang untuk memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Disela upacara, pembina upacara menyampaikan amanat agar para siswa memperingati hari kesaktian Pancasila serta mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur . hal ini sangat penting ditanamkan kepada para siswa sebagai calon penerus pemimpin masa depan bangsa,”kata Plt Kepala Sekolah SMAN 2 Prabumulih, Mat Hasan SPd.

Hal sama dituturkan oleh Waka kesiswaan SMA Negeri 7 Prabumulih, Sena Suharya SPd. dalam kesempatan ini, pihaknya juga menanamkan rasa nasionalisme dengan cara mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur melalui menonton bersama film G30 S PKI dengan tujuan agar para siswa mengetahui bagaimana perjuangan para pahlawan yang mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan Indonesia.

“Paling tidak melalui tontonan tersebut, para siswa mengetahui perjuangan para pahlawan untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”jelasnya seraya mengatakan pihaknya juga menjalankan sesuai edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sebelumnya di hari senin (30/9) kemarin SMA N 7 Prabumulih mengibarkan bendera setengah tiang sebagai upaya mengingat para pahlawan. “dalam edaran tersebut juga diminta untuk memasang bendera setengah tiang pada tanggal 30 September,”tandasarnya.

Sena mengatakan, banyak cara untuk menanamkan rasa nasionalisme pada siswa. namyn pihaknya juga terus menanamkan jiwa religius kepada siswa sebagai modal aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. “Pada intinya semua aktifitas tergabung dalam penguatan pendidikan karakter ada jiwa Religius, nasionalis dan gotong royong serta integritas,”tandasarnya.(05)

Komentar

News Feed