oleh

Tanamkan Pendidikan Karakter ke Siswa

MUARA DUA – Akibat sering melanggar tata tertib sekolah atau minggat dari sekolah. Sebanyak 5 siswa SMP Negeri 5 mendapatkan hukuman dari sekolah tersebut karena telah melanggar aturan.

Adapun bentuk hukuman yang diberikan sekolah tersebut yang semua siswa adalah asal dari kelas IX. Yakni, berupa membersihkan dan membuatkan taman bunga sekolah lengkap dengan pagarnya, sholat berjamaah dimusholla dan kemudian diberikan sedikit bimbingan atau pengarahan dari seorang guru.
“akibat karena sering kali minggat dari sekolah. Terpaksa, sejumlah siswa kita ini diberikan hukuman,” ungkap Kepala SMP Negeri 5 Lutfi SAg MM ketika dibincangi koran ini, Sabtu (11/3) kemarin.

Oleh karena, berbagai upaya selama ini telah dilakukan pihaknya, kata Lutfi, sapaan akrabnya, agar berapa siswanya tersebut tak akan mengulangi perbuatan serupa yang bisa merugikan diri mereka sendiri. “Mulai dengan cara kita panggilkan langsung mereka (siswa, red) kita itu, dan bahkan termasuk orang tua/wali murid tak terlepas kita panggilkan ke sekolah juga,” ucapnya.

Namun semua upaya yang dilakukan pihaknya tersebut dinilai hanya sia-saja saja. Maka, dengan cara seperti yang dilakukanitu kata dia, diharapankan para siswa tersebut nanti tak lagi mengulangi perbuatan serupa
“Tentu, hukuman yang diberikan kita ke siswa itu. Sudah berkoordinasi dengan setiap wali murid, karena mereka (wali murid, red) termasuk juga tidak sanggup lagi guna mengatasi atas masalah anak-anak mereka sendiri,” terangnya.

Sejumlah rangkaian kegiatan materi hukuman yang diberikan pihaknya tersebut, ungkap dia, adalah tidak lain sekaligus memberikan pendidikan karaker itu sendiri kepada siswanya. Sebab, tugas seorang guru itu bukan hanya sekedar memberikan pendididikan dibidang pengetahuan akademik saja.
“Yang melainkan diluar itu, juga seorang guru itu sebaliknya wajib dituntut memberikan pendidikan karaktek terhadap siswa. Ya, salah satunya dengan cara seperti ini,” imbuhnya. (Mg 02)
DIHUKUM: Para siswa diberikan hukuman dengan membuat taman di sekolah yang langsung didampingi Kepala SMP Negeri 5, Lutfi SAg MM, Sabtu kemarin
Photo: bakron/prabupos

News Feed