oleh

Tak Sanggup Bayar, Nopol Cantik Ditarik

PRABUMULIH – Pemesan nomor polisi (nopol) cantik kini ketar ketir. Kenaikan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berdasarkan Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2016 mendongkrak naik nilai nopol cantik berkali-kali lipat.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE melalui Kasat Lantas AKP Febri Indah Sari SIk didampingi Kanit Reg Iden, Ipda Adib menerangkan, tarif baru pemesanan nopol cantik ini telah berlaku sejak 6 Januari lalu. “Saat ini yang sudah berlaku untuk kendaraan roda empat. Kalau untuk roda dua nanti menyusul,” terangnya.

Dikatakan, berdasarkan aturan baru untuk pemesanan nopol cantik 1 angka tanpa seri belakang dikenakan tarif Rp 20 juta. Sementara untuk tarif nopol satu angka dengan seri belakang dikenakan tarif Rp15 juta.
Kemudian untuk nopol dua angka tanpa atau dengan seri belakang dikenakan tarif Rp15 juta. (data lengkap lihat grafis).

“Sudah ketentuan, jika tidak dibayar maka akan diganti ke nopol kendaraan biasa jadi nopol cantiknya ditarik. Pengajuan nopol ini sendiri biasa dilakukan untuk kendaraan baru, mutasi, dan perpanjangan 5 tahun. Selain biaya administrasi, nopol cantik tersebut ada biaya tambahannya,” bebernya.

Tarif nopol cantik ini mengalami kenaikan hingga mencapai sekitar 200 persen. Karena sebelum keluar aturan baru tentang PNBP, tariff nopol cantik satu angka dengan seri belakang hanya sekitar Rp5 jutaan.

Sementara itu Ari (27), salah seorang warga Perumnas Gunung Ibul mengaku sempat berencana mengembalikan nopol cantik pesanannya. Lantaran, biaya yang dibebankan untuk penggungaannya cukup besar.

“Nopol sayakan 4 angka dengan seri, setidaknya harus merogoh uang Rp 5 juta. Jika nantinya, perpanjangan pajak kendaraan 5 tahun itu bayar lagi. Mendingan, ganti nopol biasa aja tidak ada biaya,” timbangnya. (06)

News Feed