oleh

Tak Perlu ke Capil, Cetak KK Bisa dari Rumah

-Kecamatan-32 views
  • Berlaku Akhir Tahun

PRABUMULIH – Tak lama lagi, masyarakat Kota Prabumulih yang akan berurusan dokumen kependukan mulai dari Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian bisa cetak sendiri dari rumah.

Hal itu sebagai tindaklanjut dari pencetakan akta kk menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A4, dan disertai Barcode atau TTE (Tanda Tangan Elektronik)  berdasarkan Surat edaran yang tertuang dalam Pasal 12 Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Haryadi SH MM menuturkan pencetakan bisa dilakukan dari rumah ditarget akhir tahun mendatang.

“Untuk sekarang belum, karena butuh proses, Jadi Kita sosialisasikan dulu, baru nantinya bisa diterapkan  cetak bisa dari rumah warga. Target kita akhir tahun ini sudah mulai,” katanya kepada wartawan.

Nah, terkait rencana itu Disdukcapil kata Haryadi mulai melakukan sosialisasi. “Kita sosialisasikan dulu yang perubahan cetak menggunakan HVS. Karenakan baru, jadi tidak bisa langsung,” tuturnya.

Namun kata dia, bila nantinya pencetakan dokumen penduduk sudah bisa dari rumah, tentunya masyarakat tak perlu lagi repot ke kantor disdukcapil. Cukup mengisi biodata di aplikasi yang nantinya akan disiapkan dan bisa diakses melalui alamat website Smart City.

“Dokumen melalui aplikasi, setelah semua memenuhi persyaratan maka dokumen bisa langsung dicetak di rumah,” tukasnya mengatakan untuk pelayanan di kantor tetap buka seperti biasa.(08)

 

Komentar

News Feed