oleh

Tak Miliki Data Jumlah Mualaf

-Kecamatan-28 views

PRABUMULIH – Jumlah mualaf di Kota Prabumulih bertambah setiap tahunnya. Namun sayang, untuk saat ini belum ada data keseluruhan jumlah warga yang menjadi mualaf.

Hal itu dikarenakan, tak ada organisasi resmi yang mewadahi mualaf kota Prabumulih. “Kita belum ada mualaf center, padahal memang data mualaf itu perlu. Banyak yang meminta data itu,” kata Kepala Kantor Kemenag (Kemenag) Drs H Yeri Taswin MPdi beberapa waktu lalu.

Selain itu, kemenag kata dia juga tak menerima informasi atau data resmi terkait jumlah mualaf. Sebab, selain di Kantor Urusan Agama (KUA), prosesi bimbingan mualaf juga dilakukan dibeberapa tempat. “Ada yang mengucap syahadat di MUI, ada juga di masjid-masjid, dan ada juga yang perorangan. Jadi memang tidak bisa diketahui berapa jumlahnya. Tapi kalau misal ada yang menaungi bisa diketahui berapa jumlah mualaf di Prabumulih,” terangnya.

Senada disampaikan Ketua MUI H Ali Aman SAg melalui sekertaris Munzir SP. Menurut Munzir, Mualaf dinilai sudah harus ada di Kota Nanas. “Mualaf kita ini datanya ada, tapi domisilinya banyak pindah. Baik karena kerja, menikah dan ada yang tidak terlacak,” bebernya.

Sementara itu dari data KUA Kecamatan Prabumulih Timur, tercatat 13 warga yang mengucap kalimat syahadat selama dua tahun terakhir. “Tahun 2019 ada 4 warga, sementara tahun 2018 ada 9 warga. Itu hanya di KUA, untuk yang di MUI belum tercatat,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed