oleh

Tak Hujan, Pandean Tergenang

-Kecamatan-86 views
  • Bila Hujan bak “Lautan”

PRABUMULIH – Sudah sejak lama kondisi drainase jalan Pandean Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara, dikeluhkan oleh masyarakat.

Betapa tidak, meski tak hujan saluran air dari drainase mengaliri Jalan Pandean hingga Jalan Sudirman. Kondisi ini membuat Jalan Pandean terkesan kumuh dan jorok. “Hujan dak hujan, jalan pandean selalu basah karena saluran paret yang idak berfungsi,” kata Darto salah satu warga.

Menurutnya, dengan kondisi drainase yang tak berfungsi sudah seharusnya mendapat perhatian dari pemerintah. “Harusnyo juga ada perhatian dari RT RW setempat, pemerintah jugo,” harapnya.

Sejumlah warga yang dibincangi Senin (26/10/2020), sangat menyayangkan kondisi drainase di Jalan Pandean – Jalan Sudirman yang tak berfungsi dengan baik. Bahkan menurut mereka, air dari limbah pembuangan yang selalu mengalir sangat menganggu keindahan Kota Prabumulih.

“Di tengah kota, drainase cak ini. Air dengan bau menyengat mengalir terus. Sudah dak layak lagi drainase ini, harusnyo diperbaiki,” keluh sejumlah warga yang mangkal didepan toko yang berada dideretan drainase Sudirman.

Dina warga yang dibincangi juga menyayangkan, tak adanya perhatian dari pemerintah kelurahan, pemerintah kota dan masyarakat. “Padahal didaerah sini banyak tempat dokter praktek, banyak tempat wong lalu lalang, banyak toko tempat belanjo harusnyo lingkungannyo bersih. Tapi ini terkesan jorok nian Pandean ini, banyu ngalir terus ke jalan. Dak pernah kering,” imbuhnya.

Bila hujan lanjut dia, jalan Pandean akan seperti lautan. “Pasti banyu itu ngalir deras, lagi dak hujan lagi banyu di jalan apolagi hujan lah cak lautan,” keluhnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Mangga Besar A Yani dikonfirmasi menyampaikan pembangunan drainase setiap tahun diusulkan untuk dipriotitaskan. “Sudah juga kami usulkan ke Dinas Perkim dan PU, namun belum ada realisasinya. Bahkan tahun ini juga sudah kami laporkan sebagai prioritas,” katanya A Yani memberikan keterangan singkat.

Terpisah Kepala Dinas PU dikonfirmasi melalui pesan singkat tak memberikan jawaban, sementara Kepala Dinas Perkim Bustomi SE mengakui perbaikan atau pembangunan drainase besar dan utama bukanlah kewenangan dari Dinas Perkim.

Hanya saja menurut Bustomi, melihat kondisi drainase di sekitar Pandean sudah seharusnya diperbaiki. Karena tak lagi layak, terlebih kondisi pandean yang sudah ramai penduduk. “Memang sudah harusnya diperbaiki, dibongkar dulu. Dibersihkan. Tapi juga perlu kesadaran dari masyarakat, karena kalau kita lihat masyarakat sekitar tidak peduli,” terang Bustomi.(08)

 

Komentar

News Feed