oleh

Tak Hanya Bilik Suara, Kotak Suara pun ada yang Rusak

-Metropolis-280 views

PRABUMULIH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) setidaknya butuh tiga bilik suara di setiap Tempat Pemilihan Suara (TPS), dengan jumlah total TPS sebanyak 445 tempat.
Dengan begitu, jumlah bilik suara yang dibutuhkan untuk pilkada serentak mencapai sekitar 1,335 bilik suara. Namun sayangnya, saat ini KPU hanya memiliki sekitar 1,100 bilik suara atau masih kekurangan sekitar 200-an bilik suara lagi.
“Kita butuh setidaknya 1,335 unit bilik suara. Kalau dahulu kita hanya butuh 2 unit bilik suara di setiap TPS. Kalau sekarang ini, jadi tiga bilik. Kekurangan sekitar 200 unit bilik suara, akan kita usulkan ke provinsi,” terang Ketua KPU, M Takhyul Hamid SIP melalui Komisioner Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Era Hustri AMd dikonfirmasi koran ini, kemarin (30/4).
Setelah diusulkannya, KPU Provinsi yang akan mengirimkan kekurangan bilik suara tersebut. Lantaran, Pilkada Serentak, tidak hanya Pilwako tetapi juga Pilgub. “Terpenting sudah kita laporkan dan usulkan, tinggal KPU Provinsi yang mengirimkan kekurang bilik suara tersebut,” tukasnya.
Sementara itu, ungkapnya untuk kotak suara dibutuhkan dua unit setiap TPS. Dan, stok kotak suara yang tersedia telah mencukupi sejauh ini. Dirinya tidak menampik, ada sejumlah kotak suara yang rusak. Terpaksa, pihaknya lakukan perbaikan sendiri supaya tetap bisa digunakan untuk Pilkada Serentak 27 Juni mendatang.
“Tidak hanya kotak suara yang rusak, tetapi juga ada sejumlah bilik suara juga rusak. Secara bertahap, kita perbaiki. Sekarang ini, perbaikannya sudah sekitar 75 persen,” jelasnya.
Lanjutnya, perbaikan bilik suara dan kotak suara tersebut akan terus dikebut sehingga pada hari pencoblosan bisa digunakan di setiap TPS. “Selain itu, paling lambat 3 hari sebelum pencoblosan semua bilik dan kotak suara semuanya sudah terdistribusi,” tambahnya. (03)

News Feed