oleh

Tahun Depan, 1 Desa 1 Bioflok

-Metropolis-27 views

PRABUMULIH – Pemerintah kota (Pemkot) mengelar rapat bersama Dinas PUPR dan Dinas Perkim beserta Lurah/Kades dalam rangka mensinkronikasikan program pembangunan pada 2021 mendatang.

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM usai rapat, Senin (28/9/2020) menjelaskan, pembangunan di kelurahan dan desa fokus pembangunan jalan. “Jalan setapak atau jalan kampung, lebar 1-2 meter menjadi tanggung jawab kelurahan/desa, memakai dana kelurahan/desa,” ujarnya kepada awak media.

Sementara itu, proyek jalan lebarnya di atas itu menjadi tanggung jawab Pemkot melalui Dinas PUPR dan Dinas Perkim. “Penyelarasan program pembangunan ini, diharapkan ke depannya tidak adanya tumpang tindih program dana kelurahan/desa dengan program Pemkot,” jelas Ridho, sapaan akrabnya.

Bukan hanya itu, tukasnya untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di pedesaan dari dana desa. “1 desa kita minta membangun sistem bioplok. Untuk budidaya ikan, boleh ikan lele, nila, patin, dan lainnya. Tahun depan harapan kita, satu desa satu bioflok,” jelas suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.

Apalagi, ungkapnya budidaya ikan secara bioplok cukup menguntungkan sekali. “Selain itu, kita juga mengimbau, masyarakat memanfaatkan halaman kosong dengan menanam atau membudidayakan sayur mayur untuk konsumsi sendiri. Jika berlebih, bisa dijual untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed