oleh

Survei LSI, Ridho-Fikri Unggul 78,9 Persen

PRABUMULIH – Hasil survey Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilakukan selama periode Mei-Juni, menetapkan Pemilihan Wali Kota (Pilwako) yang melibatkan satu pasang calon (paslon) atau tunggal.
Petahana Ir H Ridho Yahya MM (Ridho) dan H Andriansyah Fikri SH (Fikri) masih tetap unggul dengan persentase 78,9 persen dibanding kotak kosong yang hanya 3,7 persen.
Peniliti Senior LSI Denny JA, Ade Mulyana saat dikonfirmasi koran ini menyebutkan, kalau hanya 17,4 persen masyarakat yang belum menentukan pilihannya pada Pilwako Prabumulih.
“Survei sendiri dengan menggunakan 440 responden. Responden dipilih secara acak, menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini +/- 4,8%. Hasil opini publik untuk Pilwako Prabumulih, Ridho-Fikri unggul telak terhadap kotak kosong dengan persentase 78,9 persen, untuk simulasi dukungan,” terangnya, kemarin (21/6).
Rilisnya, bisa dipastikan bahwa pasangan Ridho-Fikri dengan mudah melenggang menuju Prabumulih satu. Bila dibreakdown dari berbagai simulasi segmen baik jenis kelamin, agama, umur, pendidikan, pendapatan, dan suku semua rata-rata mendukung Ridho-Yahya di atas >70%.
“Bila kita coba breakdown dari kecamatan, 6 Kecamatan unggul telak Ridho-Yahya >70%. Untuk perolehan suara jika kita bagi per Kecamatan Cambai (82,5%), Prabumulih Barat (75,0%), Prabumulih Selatan (75,0%), Prabumulih Timur (83,8%), Prabumulih Utara (71,7%), dan Rambang Kapak Tengah (80,0%). Jika dilihat dari peta kekuatan pemilih, pemilih loyal / Strong Supporters pasangan Ridho-Fikri sudah mencapai 73,4% dan yang pasti loyal memilih kotak kosong hanya 2,6%. Sisanya tinggal swing voter sebanyak 24,0%,” bebernya.
Sebutnya, alasan mengapa elektabilitas paslon Ridho-Fikri tidak bisa tergoyahkan. Menurutnya, LSI Denny JA menemukan beberapa alasan. Diantaranya, tingkat pengenalan dan kesukaan Ridho-Fikri sangat tinggi.
“Tingkat pengenalan Ridho Yahya adalah 98,9%, sedangkan 97,7% masyarakat juga sudah mengenal Andriansyah Fikri. Dari yang kenal pasangan tersebut, yang suka terhadap Ridho Yahya sebanyak 92,5% dan 88,3% untuk Andriansyah Fikri. Ini membuktikan bahwa pasangan ini selain populer juga digandrungi oleh masyarakat,” ucapnya.
Selain itu, kata dia persepsi kepuasan dan keberhasilan masyarakat atas kinerja incumbent sangat tinggi. Lantaran, Ridho Yahya sebagai Wako Prabumulih dipersepsikan kepuasan kinerja oleh masyarakat sangat/cukup puas sebanyak 90,6%. Selain itu dipersepsikan berhasil kinerjanya sebanyak 90,3%. Tidak banyak kepala daerah yang dipersepsikan kepuasan dan keberhasilan kinerjanya oleh masyarakat diatas >90%.
Ketua Tim Pemenangan Ridho-Fikri, HM Daud Rotasi SSos mengatakan, survey masih tinggi tersebut artinya meski digoyang segala isu, masyarakat Prabumulih, tetap mantap dan teguh untuk memilih Ridho-Fikri.
“Melihat survei itu, masyarakat masih tetap ingin Ridho-Fikri memimpin untuk periode selanjutnya. Apalagi, selama kepemimpinannya Ridho-Fikri benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat kota ini,” akunya.
Kata dia, walaupun kekurangan di sana dan di sini ini, itu jelas menjadi evaluasi ke depan lebih baik lagi. Menurutnya, kritik dan saran sebagai introspeksi diri, untuk perbaikan untuk kemajuan kota ini. “Apalagi, Ridho-Fikri melibatkan masyarakat dalam setiap programnya untuk kesejahteraan masyarakat juga,” pungkasnya. (03)

News Feed