oleh

Surat Untuk Gubernur Dikumpul di Prabumulih Pos

-Metropolis-1.486 views

PRABUMULIH – Memasuki pekan ketiga Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur Sumsel, animo peserta terus meningkat. Baik tingkat SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA sederat.

Terkait hal itu, panitia pusat menghimbau kepada sekolah untuk mengumpulkan kembali surat yang sudah ditulis ke Kantor Harian Umum Prabumulih Pos sebelum 26 Februari 2019.

“Karena, sebelum 28 Februari seluruh surat yang sudah ditulis siswa SMP-SMA sederajat dari seluruh kabupaten/kota sudah mesti terkumpul di panitia provinsi, di Palembang,” kata Sekretaris Pelaksana Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur Sumsel, Ade Rosad Senin (18/2).

Ade yang juga GM Prabumulih Pos ini menjelaskan, berdasarkan catatan order cetak koran, lebih dari 10 ribu eksemplar koran sudah disebar. Ini di Prabumulih saja. Belum lagi di kabupaten/kota lainnya. Dimana pesertanya juga dari hari ke hari meningkat. “Karena, sesuai ketentuan panitia provinsi, surat mesti ditulis di kertas koran daerah masing-masing yang sudah disediakan, koran asli,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, dari banyaknya jumlah siswa yang berkirim surat untuk gubernur, akan pula banyak pemenang dari Kota Prabumulih. “Peserta khusus asal kota nanas jangan kahwatir, panitia juga akan menyiapkan juara untuk tingkat kota Prabumulih. Pastinya, surat yang sudah terkirim akan dilakukan penilaian ketat dari tim juri yang sudah ditunjuk,” ucapnya.

Ia meminta agar peserta fokus dalam mengikuti lomba ini. “Ya, saya optimis, pengamatan saya banyak siswa yang menulis dengan memperhatikan kaedah ejaakan yang disempurnakan (EYD),” yakinnya sembari menambahkan, sebagian surat yang masuk juga sesuai kaedah penulisan format yang benar.

Namun demikian, dia menghimbau bagi siswa yang masih proses penulisan agar memperhatikan juga hal lain, seperti, surat jangan banyak coretan. “Sebaiknya latihan di kertas biasa, lalu salin ke kertas koran dengan hati-hati,” imbaunya.

Untuk itu, Ade juga mengharap peran serta aktif bimbingan dan arahan dari para dewan guru di sekolah masing-masing agar mengarahkan penulisan siswa yang benar.

Menulis Surat Untuk Gubernur Sumsel ini merupakan kegiatan serentak dilakukan pelajar SMP-SMA sederajat di Sumsel untuk mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Penyerahan serifikat rekor MURI dan pengumuman serta penyerahan hadian pemenang dijadwalkan pada puncak Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019 di Palembang. Rencananya akan digelar di Griya Agung. Ia menambahkan, program Menulis Surat Untuk Gubernur Sumsel ini merupakan upaya untuk menggalakkan minat baca tulis di kalangan pelajar. Sarana dan wahana bagi pelajar mencurahkan aspirasi dalam bahasa tulis dengan format yang benar. Terpenting menggelorakan semangat literasi pada siswa. (asa)

News Feed