oleh

Supervisi Guru Sebagai Upaya Penyempurnaan

-Pendidikan-53 views

PRABUMULIH – Pelaksanaan supervisi guru sangat penting dilakukan oleh pengawas Mata Pelajaran. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk memperbaiki atau mencari kesalahan melainkan merupakan upaya penyempurnaan cara mengajar yang baik agar dapat diserap oleh para siswa. Seperti yang dilakukan oleh pengawas mata pelajaran di SMP Negeri 3 Prabumulih, Dra Susi AR MSi saat melakukan supervisi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

SMPN 3 Prabumulih, sebagai sekolah Bermutu tentunya harus memberikan pendidikan yang bermutu juga, Bahkan kurikulum juga lebih sempurna lagi dari kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah lainnya. “kita sebagai pengawas mata pelajaran di sekolah bermutu tentunya harus menyesuaikan kurikulum untuk mata pelajaran PAI sekolah bermutu itu seperti apa karena itu kita harus terus melakukan supervisi minimal 1 bulan sekali, “kata Susi.

Sementara pengawas manajerial sekolah H Asdiqi SPd menambahkan, saat pembelajaran di kelas harus selalu disupervisi, karena peningkatan mutu pendidikan secara Nasional di Indonesia setiap tahun selalu adanya perubahan yang juga harus diikuti oleh pihak sekolah, terutama guru dan pengawas mata pelajaran.

“Karena itu supervisi bukan untuk mencari kesalahan guru melainkan upaya penyempurnaan agar dapat menyesuaikan dengan program sekolah,”tambahnya. Lebih jauh koordinator pengawas sekolah di di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih ini, Mengatakan bahwa untuk tugas pengawasan Mata Pelajaran yang harus difahami diantaranya adalah cara guru menyampaikan mata pelajaran hingga di serap atau ilmunya sampai pada siswa.

Komunitas antar guru dan siswa terbangun dengan baik sebagai tanda bahwa para siswa memahami apa yang disampaikan oleh guru. “Tujuan guru mengajar adalah untuk mencerdaskan para siswanya karena itu perlu disempurnakan cara mengajar yang baik agar dapat mencerdaskan dan mentransfer ilmu kepada siswa itu harus selalu dilakukan perbaikan,”tandasnya.

Diketahui, sebelum melakukan supervisi guru mata pelajaran di dalam kelas, pengawas mata pelajaran terlebih dahulu melakukan pembinaan kepada guru untuk menyampaikan apa saja perubahan dan penyempurnaan yang yang harus dipahami di suatu sekolah tertentu seperti di SMP Negeri 3 Prabumulih sebagai sekolah bermutu.(05)

Komentar

News Feed