oleh

Sumur Kering, Warga Desa Sulit Air Bersih

-Kecamatan-16 views

SINAR RAMBANG – Sudah satu bulan ini, warga Desa Sinar Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) krisis air bersih.

Sadiyo warga dusun I mengatakan, krisis air bersih tersebut merupakan dampak dari kemarau. “Sudah lamo idak turun hujan. Jadi air sumur gali sudah kering,” katanya.

Saat ini kata dia, dalam memenuhi kebutuhan air warga desa memanfaatkan air sumur guhong yang berada disekitar danau guhong. Setiap harinya pagi dan sore, warga ramai ke danau membawa jerigen untuk mengangkut air minum.

“Itulah andalan warga, ambil air minum pakai jerigen. Diangkut dengan motor, kalau jalan kaki jauh,” ucapnya.

Sementara saat ini warga sudah merasakan dampak kemarau, dan mandi di sungai.

Sedangkan untuk mandi ataupun mencuci kata Sadiyo, sebagian memanfaatkan air di danau. “Mandi didanau itu yang bapak-bapak dan pemuda. Kalau yang ibu-ibu mandi di sumur yang dibuat disekitar kebun,” tuturnya.

Disampaikannya, bantuan sumur bor dari kementerian ESDM untuk desa Sinar Rambang sangatlah tepat. “Kami bersyukur dibantu sumur bor, sumur bor ini kami harapkan nanti jadi andalan kami saat kemarau. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sumur bor bisa segera dinikmati,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sinar Rambang Indarqo mengungkapkan, sumur bor sedalam ratusan meter itu sudah menunjukkan hasil. “Alhamdulillah berhasil, sekarang lagi masang cesing. Mudah-mudahan keberadaan sumur bor ini mengatasi masalah kekeringan didesa kami,” tukasnya yang membenarkan warga desa kini kesulitan air bersih sejak satu bulan ini.(08)

 

           

 

 

Komentar

News Feed