oleh

Stop Bakar Lahan dan Hutan

-Kecamatan-280 views

RKT – Sebagai salah satu kawasan yang dikelilingi oleh hutan dan kawasan perkebunan, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) mewanti-wanti masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan.
Tak hanya sekedar mengingatkan, di kecamatan RKT juga disebar himbauan stop pembakaran lahan yang dikeluarkan oleh kepolisian Polres Prabumulih melalui masing-masing Polsek.
“Itu himbauan Kapolres melalui kapolsek-kapolsek se kota Prabumulih, agar tak melakukan aktivitas dengan membakar hutan atau lahan,” kata Camat RKT Toni Herlan SH kemarin.
Khusus untuk Kelurahan Desa yang ada diwilayahnya, Toni berharap agar kiranya tak lagi ada terjadi kebakaran lahan. Apalagi ditahun-tahun sebelumnya banyak lahan perkebunan yang terbakar.
“Terkadang itu karena ulah oknum, bisa jadi karena membuang puntung rokok. Atau sengaja membuka lahan dengan dibakar, namun ini kita minta tak lagi terjadi,” tegasnya.
Kepala Desa Sinar Rambang Indarqo mengungkapkan, pihaknya sudah menindalanjuti himbauan tersebut dengan menyampaikan secara langsung kepada masyarakat. “Insyallah tidak ada yang membuka lahan dengan dibakar, karena nantinya jika api membesar akan melebar dan akan rugi kita sendiri,” tuturnya.
Apalagi ungkap dia, hampir rata-rata di desanya masyarakat berpenghasilan sebagai petani kebun. “Biasanya warga gotong royong buka lahan kalau yang luas, kalau kecil bertahap dibuka,” tukasnya. (05)
HIMBAUAN: Kapolres melalui Kapolsek menyebar himbauan stop bakar lahan, yang diserahkan ke Desa-desa Kecamatan RKT.

News Feed