oleh

Stok Beras Nasional Melimpah, Buwas: Saya Minta 2019 Jangan ada Izin Impor

JAKARTA – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) tegas menolak adanya impor beras di tahun 2019. Ini didasarkan dengan stok yang mencukupi. Dalam posisi ini pemerintah diminta untuk tidak izin impor beras.

“Impor? Kenapa impor? Stok ada, berasnya banyak. Masa harus dipaksa-paksakan. Insya Allah tercukupi,” tegas Ketua Umum Perum Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/12).

Ia mencontohkan, untuk akhir tahun saja stok beras di gudang masih berlimpah. Data bulog ada cadangan sebanyak 2,2 juta ton. Artinya, sudah jauh lebih besar dari standar CBP (Cadangan Beras Pemerintah) sebesar 1,5 juta ton, paparnya.
Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu, menambahkan stok sebesar itu, belum termasuk yang ada di pasaran. “Ini aman. Stok beras nasional aman. Apalagi, mulai bulan Januari panen. Dan intensitasnya akan terus membesar hingga panen raya di bulan Maret sampai Aprilnya,” terangnya.

Ditambahkan, jika angka penyerapan pasar terhadap stok bulog masih dikisaran 3-4 ribu ton per hari, Buwas memprediksi cadangan di gudangnya pada Maret nanti masih di atas 1 juta ton.

Nah, dengan adanya panen raya dan penyerapan beras petani, dia menyebut cadangan bulog bisa sampai 3 juta ton di pertengahan tahun dengan. “Maka Bulog menjamin stabilitas harga bisa dilakukan,” tandasnya. (FIN/ful)

News Feed