oleh

Stiker Keluarga Miskin “Ampuh” Kurangi Penerima PKH

70 KPM Nyatakan Mundur

PRABUMULIH – Pemasangan stiker “Keluarga Miskin” bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial ampuh mengurangi penyaluran bantuan yang tak tepat sasaran.

Hingga hari kedua pemasangan kemarin, makin banyak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari PKH yang menolak untuk dipasang stiker, hingga akhirnya memutuskan mundur dari penerima bantuan.

Koordinator PKH Kota Prabumulih, Redi Alpison SE menyampaikan hingga Rabu (23/10) siang, sudah sekitar 70 KPM yang menyantakan mundur sebagai penerima PKH. “Itu khusus yang PKH, tapi jumlah itu diprediksi akan terus bertambah. Namun untuk KIS dan BPNT kita tidak mengetahui berapa yang mundur,” kata Redi.

Redi menyampaikan, jumlah tersebut diluar dari jumlah 69 KPM yang sebelumnya telah mengajukan pengunduran diri jauh sebelum stiker dipasang. “Yang 69 itu mundur sebelum stiker dipasang, dengan kesadaran mereka sendiri dan juga peran dari tim pendamping,” bebernya.

Ia melanjutkan pemasangan stiker masih terus dilakukan oleh tim pendamping dan tim dari Dinas Sosial. “Belum selesai, karenakan itu banyak jadi masih terus proses,” ucapnya.

KPM yang mundur, beberapa diantaranya dari Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur., “Ada 4 warga di Kelurahan kami yang mundur sebagai penerima bantuan sosial,” kata Lurah Kelurahan Prabujaya, Septa Ariandi SE

Selain itu di Desa Rambang Senuling Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) dari 54 penerima PKH, ada 2 KPM yang menandatangani pertanyaan mundur dari penerima bantuan sosial.

Menurut Kepala Desa Rusman YS, kedua KPM tersebut sebelumnya merupakan warga miskin. Namun sejak beberapa tahun ini sudah memiliki perekonomian yang mapan.

“Mereka dulunya tinggal digubuk. Kini dengan hasil keringat sendiri mereka sudah mampu membangun rumah,” terang Rusman.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Sosial pemerintah kota menargetkan 15 ribu stiker warga miskin dipasang didepan rumah KPM bantuan sosial. Nah, dengan pemasangan stiker diharapkan menjadi salah satu cara mengurangi penerima bantuan yang tak tepat sasaran. (08)

Komentar

News Feed