oleh

Soal UKK Harus Berkualitas

PRABUMULIH – Usai libur sekolah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, 1442 H, sekolah akan segera mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK).

Menjelang pelaksanaan UKK. Pengawas SMP Kota Prabumulih, menghimbau agar para guru mata pelajaran mengubah pola pikirnya untuk membuat soal ujian lebih berkualitas.

Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kwalitas pendidikan serta memberikan semangat belajar siswa agar dapat mengikuti UKK dengan mempersiapkan diri, belajar dan membaca buku sebagai persiapan untuk menjawab soala gar bisa naik kelas .

“Kita minta agar para guru mata pelajaran menggunakan pola saat membuat soal ujian sekolah, jika membuat soal yang setara dengan ujian nasional sebagai syarat kelulusan, tentu kwalitas peserta didik juga dapat terukur,” jelasn Koordinator pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, H Asdiqi SPd melalui salah seorang pengawas pembina sekolah, Dra Hj Yusria MM saat dikonfirmasi koran ini.

Menurutnya, pola pembuatan soal yang sama seperti Ujian Nasional, menentukan nilai dari tingkat kesulitan soal yang sudah dibuat. “Selain memberikan kualitas soal untuk peningkatan mutu pendidikan juga membuat para siswa lebih bertanggung jawab dan mempersiapkan diri sebelum ujian,”jelasnya.

Wanita yang sempat menjadi wakil kepala sekolah bidang kurikulum di SMP Negeri 4 Prabumulih ini mengatakan bahwa Rencana Pokok Pembelajaran  (RPP) para guru harus tetap dilihat dan dilakukan pembinaan.

Selain itu saat ini juga pihak sekolah sedang mempersiapkan untuk pelaksanaan ujian kenaikan kelas, jadi perlu adanya Pembinaan untuk pembuatan soal. Wanita ini  berharap agar  para guru membuat kisi-kisi terlebih dahulu, sebelum membuat Soal UKK, sehingga dapat membuat soal yang berkualitas dengan persentase nilai yang sudah jelas dalam setiap soal.

“Pola pembuatan soal seperti ini juga sangat penting untuk membiasakan siswa agar tidak menganggap enteng pelaksanaan ujian. Selain itu mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba siswa berprestasi serta olimpiade sains nasional, yang menggunakan pola yang sama,” tandas pengawas pembinaSMP 11,  SMP 4, SMP 9 dan SMP  YPS ini. (05)

Komentar

News Feed