oleh

Soal Ujian MID Semester Dibuat Guru

-Pendidikan-518 views

MUARA DUA – Ternyata tugas seorang guru bukan hanya sebagai tenaga pengajar saja di sekolah. Tak terkecuali, ditengah kesibukkan mereka seorang guru tersebut juga ditugaskan dalam pembuatan sejumlah soal mata pelajaran ujian sekolah.

“Sudah menjadi kegiatan rutin tahunan kita setiap 3 bulan sekali dalam satu semesteran itu. Semua wali kelas atau guru kelas setiap tingkatan kelas membuatkan soal sejumlah soal mapel ujian seperti ujian MID Semesteran siswa ini,” ujar Kepala MIN Prabumulih, Elva Lidya SPdI ketika dibincangi koran ini, kemarin (29/3).

Banyak cara yang digunakan setiap guru demi menyukseskan dalam pembuatan soal sebelum tibanya hari H pelaksanaan ujian tersebut, kata Elva, sapaan akrabnya, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pihaknya.
“Namun, sebelum soal mapel ujian ini kita serahkan kepada setiap guru kelas. Sudah tentunya, terlebih dahulu mereka (guru/wali kelas, red) mengikuti rapat terkait pembekalan bagaimana maunya sistem yang akan digunakan dalam pembuatan soal itu,” jelasnya.
“Bahkan, terkadang pembuatan soal itu dikerjakan mereka sampai bawa ke rumah. Sementara di rumah, mereka itu juga banyak urusan atau pekerjaan lainnya,” akunya kecuali ujian semesteran baru kemudian soal ujian sekolahnya sama dengan sekolah lain sebagainya.

Meskipun demikian, tetapi itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dari mereka. Karena, jika bukan mereka siapa lagi yang akan menyelesaikan amanat yangd diberikan demi kepentingan orang banyak.
“Nah, untuk dalam pembuatan soal itu bagi kita tidak ada yang sukar tingkatan kesulitannya. Sebab, mereka itu sudah terbiasa mengerjakan tugas semacam ini. Apalagi, soal itu yang mau dikeluarkan mereka bisa diambilkan dari bank soal milik sekolah kita,” kata perempuan berjilbab ini seraya mengatakan kini seluruh tingkatan kelasnya sudah masuk kedalam katagori sekolah pelaksana program K13.

Ketua Panitia Pelaksana ujian MID Semester, Saban Saputra SPdI mengungkapkan, adapun sejumlah soal mata pelajaran ujian MID Semester gabungan dari mata pelajaran umum dan madrasah yang sudah menjadi rutinitas tahunan dibuat pihaknya diperuntukkan bagi seluruh siswa kelas I hingga VI di sekolahnya dan berakhir pada Senin mendatang.
“Diantaranya; Bahasa Indonesia, pendidikan kewargarganegaraan (PKN), IPS, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, seni budaya keterampilan (SBK) dan pendidikan jasmani olaraga dan kesehatan (PJOK) itu untuk mata pelajaran umum kita,” tambahnya pria itu ketika dikonfirmasi terpisah, kemarin didampingi sejumlah guru lain di sekolahnya.
“Sedangkan soal mata pelajaran ujian MID Semesteran asal madrasah dibawah kementrian agama (kemenag) kita, yaitu terdiri dari Aqidah Ahlak, sejarah kebudayaan Islam (SKI), Al- Quran Hadits, Fiqih serta Bahasa Arab,” bebernya. (Mg 02)

News Feed