oleh

Soal Petisi, Pimpinan KPK Inisiasi Pertemuan

-Nasional-186 views

JAKARTA – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya meredam pergolakan pegawai kedeputian penindakan yang mencuat lewat surat petisi. Komisioner bakal mengagendakan pertemuan dengan para pegawai secepatnya sebagai bentuk mendingingkan pergolakan internal tersebut.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pergolakan yang disebut sebagai dinamika internal itu akan diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan mendengar masukan pegawai secara langsung. “Dokumen (petisi pegawai) sudah diterima pimpinan dan sudah diagendakan rencana pertemuan,” kata Febri, Minggu (14/4).

Sebagaimana diberitakan, pegawai di kedeputian penindakan KPK melayangkan petisi terkait dengan kebuntuan mengembangkan kasus-kasus yang melibatkan pelaku level tinggi (big fish). Dalam petisi itu, pegawai yang terdiri dari penyidik dan penyelidik mengurai lima hal yang dianggap sebagai bagian dari kebuntutan itu.

Pakar hukum pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad mengatakan petisi yang diinisiasi 114 penyidik dan penyelidik tersebut patut diapresiasi. Hal itu, kata dia, merupakan bentuk semangat pemberantasan korupsi. Bukan sekadar sensasi. “Harus ada transparansi dari KPK tentang siapa yang dianggap menghambat penyidikan dan kasus yang dimaksud big fish itu,” ujarnya.

Suparji menyebut transparansi perlu dilakukan sebagai wujud pertanggungjawaban KPK kepada publik. Dan bila memang ada pihak internal yang menghalangi penyidikan sebuah perkara, KPK bisa menjeratnya dengan pasal 21 UU Pemberantasan Tipikor. “Seandainya terbukti ada yang merintangi di internal KPK, harus ada tindakan sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” Imbuhnya. (riz/ful/fin)

Komentar

News Feed