oleh

SMPN 5 Menuju Adiwiyata Mandiri

PRABUMULIH – Sebagai salah satu Sekolah Adiwiyata Nasional di Kota Prabumulih, SMP Negeri 5 Prabumulih berkewajiban melakukan pembinaan terhadap Sekolah Imbas untuk meningkatkan status.  Hal ini sangat penting dilakukan dalam rangka menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Karena itu kemarin SMPN 5 melakukan pembinaan ke SMPN 6, SMPN 8 dan MTs Negeri Kota Prabumuilih dalam rangka menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Kepala SMPN 5 Prabumulih, Lutfi SAg MM saat dibincangi koran ini mengatakan upaya pembinaan sudah dilakukan, dengan harapan sekolah imbas dapat meningkatna status dari status sebelumnya. “Seperti SMPN 6 dan SMPN 8 sekarang ini statusnya adalah Sekolah Adiwiyata tingkat Provinis, harapan kita mereka bisa meningkat ke Adiwiyata Nasional. Sedangkan MTs Negeri kita lakukan pembinaan untuk menuju Sekolah Adiwiyata ditingkat Kota,” jelasnya.

Dalam langkah awal pembinaan, lanjut pria ini. Sekolah binaan harus memahami dan mengaplikasikan bahwa tujuan Sekolah adiwiyata dapat menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah, untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

“Sekolah Adiwiyata adalah harapan setiap sekolah di tanah air. Namun komponen dan standar sebagai Sekolah Adiwiyata terkadang masih belum maksimal dimiliki setiap sekolah. Oleh karena itu perlu disiapkan jauh hari sebelum sampai pada penilaian,” jelasnya.

Diketaui dalam menjalankan dan melaksanakan Program Sekolah Adiwiyata, setiap sekolah paling tidak memenuhi setidaknya ada 4 hal pokok yang diwajibkan. Untuk itu yang harus diperhatikan pihak sekolah, yaitu Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.

“Sejauh ini sekolah imbas sudah memiliki 4 hal penting  tersebut, harapan kita dapat diaplikasikan sebagai secara maksimal. Insyaalah kita nanti akan melakukan pembinaan kedua. Kita berharap pembinaan yang kita lakukan dapat menjadi acuan bagi sekolah imbas,”harapnya. (05)

Komentar

News Feed