oleh

SMP N 6 Prabumulih Peringati HUT PGRI Dan HGN Dengan

Prabumulihpos.co.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021, SMP Negeri 6 Prabumulih mengadakan kegiatan penanaman pohon yang juga terprogram dalam kegiatan adiwiyata Spena.

Kegiatan yang dinamakan OTAP (Orang Tua Asuh Pohon) ini dilaksanakan selama dua hari, 24-25 November 2021, di halaman SMPN 6 Prabumulih, Desa Muara sungai kecamatan Cambai Kota Prabumulih.

Menurut ketua program Adiwiyata Spena, Andres Armyko M.Pd, perayaan HGN tahun ini berbeda dengan kegiatan tahun sebelumnya. Biasanya diisi dengan aneka lomba seni dan olahraga, tahun ini kegiatan lebih diarahkan kepada upaya penciptaan lingkungan yang bersih dan sehat. Dengan harapan mampu menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan pendidikan di SMP Negeri 6 Prabumulih.

Ketua Program adiwiyata Tanam pohon

Salah satu guru berprestasi di SMPN 6 ini mengatakan, Program OTAP bertujuan  membantu pelestarian lingkungan, melalui penanaman pohon aneka buah di lingkungan SMP Negeri 6 Prabumulih. Kali ini pohon yang ditanam adalah pohon yang memberi manfaat buah buahan selain penghijauan.

“Bibit pohon ditanam, dipupuk dan pelihara oleh siswa secara berkelompok, ibarat orang tua yang merawat anaknya sendiri.  siswa bertanggung jawab untuk merawat pohon tersebut, hingga nantinya tumbuh besar, subur dan menghasilkan buah yang baik,” jelasnya.

Siswa tanam pohon

Sedangkan Kepala SMP N 6 Prabumulih Fickri SIP MM, mengatakan kegiatan ini  juga sebagai salah satu program adiwiyata Spena, dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup dan mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

“Untuk itu warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran lingkungan hidup, antara lain dengan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan dengan program OTAP ini,” tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan bersama-sama oleh seluruh siswa dengan arahan dan bimbingan dari Kepsek, wali kelas dan guru-guru. Mulai dari tahap membuat lobang, pemupukan hingga penanaman siswa melakukannya sendiri. Hari-hari selanjutnya siswa diarahkan untuk dapat merawat tumbuhan mulai dari menyiram dan menjaga tanaman dari serangan hama.

Pose bersama

Dalam kesempatan ini, setidaknya ada Sebannyak 10 jenis pohon buah seperti mangga, rambutan, jambu, sirsak, dan sebagainya ditanam oleh siswa secara berkelompok di area lingkungan SMP N 6 Prabumulih.

“Siswa di tiap kelas dibagi dalam 4 kelompok, tiap kelompoknya menanam bibit buah yang berbeda dengan kelompok lainnya. Waktu penanaman dilakukan pada pagi hari agar tanaman dapat lebih tumbuh dengan subur nantinya,” tandas pria yang juga merupakan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kota  Prabumulih ini.(05/adv)

Komentar

News Feed