oleh

SMK PGRI 2 Bakal Miliki Marketplace

-Pendidikan-16 views

PRABUMULIH – SMK PGRI 2 Prabumulih,  tidak lama lagi akan memiliki e marketplace Bungran.com, yang akan menjadi wadah bagi usaha mikro menengah di Kota Prabumulih untuk memasarkan semua barang dagangannya.

Hal ini sebaga bentuk Penerapan implementasi program pengembangan sekolah,  yang merupakan tindak lanjut dari program Chief Executive officer (CEO), yang diikuti oleh Kepala Sekolah selama tiga  bulan lamanya.

Program ini terlaksana dibawah naungan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (Mitras Dudi), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang bernama program Peningkatan Kapabilitas Manajerial, dimana para Kepala sekolah perlu memiliki mental sebagai Chief Executive Officer (CEO), agar SMK tidak tertinggal dan mampu  menghasilkan lulusan yang siap mandiri yang selalu menemukan solusi dan opportunity dalam memajukan Indonesia.

” Alhamdulillah dari 400 kepsek SMK di Indonesia kita mendapatkan kesempatan tersebut untuk ikut pelatihan selama 3 bulan yang dilaksanakan di Kampus Prasetya Mulya Jakarta, “kata Kepsek SMK PGRI 2 Prabumulih Heny Wahyuni SPd, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya program ini merupakan Teaching factory, siswa jurusan Bisnis Daring Pemasaran (BDP). Saat ini masih dalam proses pematangan dan persiapan web, yanh akan di launching dalam waktu dekat. Untuk tindak lanjut seperti berkoordinasi dengan pihak pihak terkait sehubungan dengan progress pelaksanaan, akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pihaknya berkomitmen akan bekerja keras dalam hal ini.

Market place karya siswa ini, bernama Bungaran.com. tahap awalnya akan mengangkat kearifan lokal Kota Prabumulih, seperti bahan makanan dari nanas, jumputan nanas dan makanan khas Kota Prabumulih lainnya.

Wanita ini yakin pengembangan sekolah ini akan dapat terealisasi dalam waktu dekat karena walaupun baru dibuka belum ada MOU dengan pihak UMKM yang ada di Kota Prabumulih namun traffic pengunjung web bungaran dotcom sudah terlihat ada peningkatan.

“Dalam waktu 3 bulan kita ditargetkan trafik pengunjung  sebanyak 600 akun di bungaran.com, dan alhamdulillah itu sampai sekarang sudah banyak yang masuk meskipun belum di launching,” bebernya.

Untuk mengelola  marketplace tersebut pihaknya bekerja sama dengan tim pengembang yaitu Digitalcoding.com. wanita ini berharap dapat memberikan yang terbaik untuk SMK PGRI 2 Prabumulih. “Apalagi era digitalisasi tidak bisa dihindari lagi karena itu mau tidak mau pilihannya kita harus terlibat di dalamnya.Harapan nya, semua stakeholder sekolah dapat berpartisipasi untuk pelaksanaan proyek ini,”pungkasnya.(05)

Komentar

News Feed