oleh

SMAN 4 Stop FDS. Dinilai Tak Efektif

PRABUMULIH – SMA Negeri 4 Prabumulih hentikan program full day school (FDS) yang sebelumnya sudah berjalan selama 1 tahun lalu. Hal ini seperti dituturkan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Prabumulih, Dahril Amin MPd saat dikonfirmasi koran ini Jumat (26/7). Menurutnya selama 1 tahun pelaksanaan program FDS di sekolah yang beralamat di Kelurahan Tanjung Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah ini dinilai kurang efektif. Selama pelaksanaan FDS banyak yang tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Karena siswa banyak tinggal di sekitar sekolah, sehingga waktu makan siang siswa kadang-kadang tidak terkontrol. Pada siang hari, proses belajar mengajar tidak begitu efektif sehingga pihak sekolah kembali mengambil kebijakan memutuskan untuk menghentikan program FDS dan kembali melaksanakan 6 hari kerja seperti biasa.

“Ini hasil evaluasi kita saat menerapkan FDS selama 1 tahun lalu, banyak hal yang tidak sesuai dan proses belajar mengajar sangat tidak efektif sehingga kita kembali menerapkan jam belajar selama 6 hari,”jelasnya.

Sementara pantauan hari ini minggu ke-2 di sekolah, para siswa melaksanakan kegiatan meningkatkan kebersihan di sekitar sekolah. Karena baru masuk belajar, banyak jadwal pelajaran yang diganti, untuk mengisi kekosongan dan memanfaatkan waktu pendek di hari Jumat, sehingga seluruh siswa ikut berpartisipasi sebagai upaya untuk meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah.

“Kebenaran waktu belajar disekolah belum begitu efektif jadi kita ajak Siswa untuk ikut berpartisipasi merawat lingkungan sekolah, mulai dari Ngecat, membersihkan halaman, membuat kebun hingga membenari kursi yang rusak,”jelasnya. Waka kesiswaan Sandevi MPd menambahkan saat ini jumlah siswa baru sebanyak165 orang siswa. Jumlah tersebut merupakan warga Kelurahan Tanjung Rambang dan sekitarnya.

“Selain itu kita juga berharap agar para siswa terbiasa melakukan berbagai aktivitas di lingkungan sekolah. Karena sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama sehingga para siswa juga diharapkan ikut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan sama-sama merawat sekolah,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed