oleh

SMAN 1 Prabumulih jadi Sekolah Zonasi

-Pendidikan-685 views

PRABUMULIH – Dari sebanyak 650 Sekolah Di Indonesia, SMAN 1 Prabumulih merupakan satu satunya Sekolah di Prabumulih sebagai Sekolah Zonasi.

Sekolah zonasi merupakan nama status sebelumnya yang merupakan sekolah rujukan setingkat dengan Sekolah unggulan. Hal ini sesuai dengan SK dari Direktorat Pembinaan SMA Direktorat jendral pembinaan Sekolah Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan non4243.1/D4/KP/2019 tentang pendidikan penetapan sekolah Pelaksana program Zonasi tahun 2019.

Dalam SK Dirjen Pembinaan SMA, disebutkan bahwa Sekolah Zonasi merupakan sekolah yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi, dengan kriteria ditetapkan oleh Dirjen Pembinaan SMA. Sekolah zonasi juga merupakan sekolah yang menerapkan Managemen Berbasis Sekolah (MBS), mengembangkan praktik dan melaksanakan kegiatan sekolah yang meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan serta memiliki inovasi untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik yang bisa diimbaskan pada Sekolah lain.

“Sekolah zonasi juga akan diperankan sebagai sekolah inspirasi Layanan Pendidikan yang layak dan memberikan imbas bagi sekolah yang lain untuk menumbuhkan kembangkan mutu pendidikan yang merata, kita berharap bisa menjalankan program ini,”kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Prabumulih, Freni Listiyan SPd MSi, Senin 17 Juni 2019.

Ibu satu anak ini mengatakan, untuk mendapatkan status sebagai sekolah zonasi, pihaknya mengajuka proposal ke Dinas Pendidikan provinsi dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan sempat di verifikasi sekaligus monitor dan evaluasi kegiatan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan program sekolah model Binaan LPMP. Tapi ternyata SMAN 1 malah lulus sebagai Sekolah zonasi.

“Belum lama ini pihak dari LPMP Prov sumsel dateng, malahan mereka terkejut SMA 1 bisa melengkapi sarana dan prasarana dalam waktu yang singkat untuk memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP) yg dibutuhkan dan harus dipenuhi sebagai sekolah rujukan,”jelasnya.

Ia mengatakan sebagai sekolah Zonasi, tentunya nanti banyak kegiatan yang akan dilangsungkan di SMAN 1. Bahkan dalam waktu dekat ini akan melaksanakan penandatanganan MoU di Medan untuk menjalankan program sekolah Zonasi. “Kita akan terus berjuang untuk memajukan mutu dan kualitas pendidikan SMAN 1 selagi masih memiliki kesempatan m terus bekerja dengan ikhlas dan melakukan kebaikan Secara konsisten,”tandanya.(05)

Komentar

News Feed