oleh

Skapida Belajar Solusi Kebutuhan Guru

  • Masih Terima Pendaftaran Siswa Baru

Suasana Pengawasan PAS di Ruang Praktik Siswa SMK PGRI 2

PRABUMULIH – Aplikasi Skapida belajar SMK PGRI 2 Prabumulih, berikan solusi untuk semua kebutuhan duru SMK PGRI 2 di Sekolah. Mulai dari absensi kehadiran, penyajian materi pebelajaran dalam jaringan (daring), hingga pelaksanaan Penilaian akhir semester (PAS) yang saat ini sedang berlangsung.

Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Prabumulih, Heny Wahyuni SPd saat dibincangi koran ini mengatakan bahwa , aplikasi yang merupakan rancangan operator tetap SMK PGRI 2 ini awalnya untuk solusi pada saat siswa kelas XII sedang mengikuti pemagangan, namun karena keadaan, hingga pada akhirnya menjadi solusi untuk pelaksanaan pemelajaran daring saat berada ditengah pandemi virus corona.

Ditengah kesibukan sekolah lain mencari aplikasi yang tetap untuk melaksanakan pembelajarna daring, SMK PGRI 2 sudah memiliki aplikasi sendiri yang merupakan produk lokal Sekolah. Sebelum penggunaan dan disosialisasikan para guru dan murid, terlebih dulu sudah disampaikan melalui e-learning.

“Alhamdulillah saat proses pembelajaran daring, kita full menggunakan aplikasi skapida belajar. Selain itu para guru dapat memantau absensi para siswa, untuk dapat mengontrol siswa lebih jauh, kita hubungkan dengan group Whatsapp group angkatan dan group kelas masing masing yang langsung terhubung dengan Wali kelas,” jelas Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Prabumulih, Heny Wahyuni SPd.

Dalam pelaksanaan PAS yang dibagimenjadi 4 sesi setiap hari selama satu minggu, ada Operator tetap, proktor dan pengawas yang selalu stand by di dalam ruangan prakik siswa (RPS) SMK PGRI 2 Prabumulih, sebagai tempat server utama pelaksanaan PAS.

“Sampai saat ini hampir 70 persen, para siswa sudah menggunakan aplikasi skapida belajar, dan selebihnya mengikurti PAS luar jaringan (luring), dan inilah salah satu kendala yang kita hadapi, yaitu beberapa siswa tinggal di tempat yang sulitnya jaringan internet, selebihnya semuanya berjalan lancar,” tambah Operator SMK PGRI 2, sekaligus pencetus aplikasi Skapida Belajar SMK PGRI 2 Nopri Ramadhona SPd.

Sementara pengawas PAS, Akhtar Hadi KN menambahkan, dengan dipusatkan pelaksanaan PAS dari sekolah, maka para siswa dapat dikontrol secara bersama sama. “Selain itu kita meminimalisisr yang yang tidak diinginkan terjadi, maka untuk mempermudahkan pengawasan, maka pembukaan aplikasi PAS dilakukan disekolah dibawah pengawasan pihak sekolah,”tambahnya yang didampingi pengawas lainnya, Anggra Lesmana SPd.

Diketaui saat ini Sekolah yang beralamat di jalan kapten Abdullah Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih timur ini masih menerima siswa baru, tahun ajaran 202-2021. Pendaftaran bisa melalui web PMK PGRI juga dapat datang langsung ke Sekolah. “Kita ada panitia yang standby di sekolah untuk melayani calon siswa baru yang tidak bisa mendaftar secara online,” tandasnya.(05/adv)

Tampilan Utama Skapida juga sosialisasikan penggunaan masker yang benar

 

Komentar

News Feed