oleh

Siswa Boleh Bawa HP ke Sekolah, Asal…

-Pendidikan-4.175 views

PRABUMULIH – Keberadaan Smartphone saat ini menjadi salah satu bagian penting bagi masyarakat tak terkecuali pelajar. Apalagi Smartphone merupakan alat komunikasi yang multi fungsi. Dengan satu tekhnologi canggih ini dunia ada didalam genggaman pemiliknya.
Nah, meski disekolah ternyata tidak semua sekolah memberikan kebijakan untuk membawa Smartphone. Namun ada pula sekolah yang tetap membiarkan siswa membawa HP disekolah, dengan pengawasan.
“Kita membolehkan siswa membawa HP ke sekolah, tapi non multiguna alias hanya untuk komunikasi saja untuk kebutuhan mempermudah siswa berkomunikasi dengan keluarga saat mau dijemput disekolah,” kata Kepala Sekolah SMPN 2 Pedro Santoso SPd MSi.

Untuk siswa yang membawa HP jenis android, sekolah membatasi dengan melakukan razia disekolah pada waktu tertentu. “Penggunaan HP jenis android oleh siswa dirumah pun kita komunikasi dengan orang tua akan terus mengawasi sehingga tidak salah guna dengan menonton hal yang tidak mendidik,”bebernya.

Hal berbeda terjadi di tingkat Sekolah menengah atas (SMA) dalam menggunakan hp android. bahkan di salah satu sekolah kejuruan sudah menggunakan ujian berbasis android.

HP pada dasarnya adalah alat komunikasi. Jadi siswa boleh menggunakan Hp sesuai fungsinya. Pihak sekolah melarang membawa hp ke sekolah sebagai upaya antisipasi siswa menyalahgunakan untuk hal yang tidak bermanfaat.

“Kalau di SMPN 6 signal juga tidak suport, jadi siswa kita yang hp hanya beberapa orang saja untuk keperluan antar jemput itupun hp biasa yang hanya bisa melakukan panggilan,”tambah Kepsek SMPN 6 Fickri SIP MM.

Disisi lain, perkembangan tekhnologi tidak bisa dibatasi bahkan harus diikuti hanya saja penggunaan harus lebih cerdas sesuai kebutuhan dan azas manfaat. “Seperti di SMA negeri 1 tidak semua siswa membawa kendaraan, jadi hp digunakan sebagai alat komunikasi untuk minta jemput keluarga. Kita tidak bisa menghalangi perkembangan tekhnologi. Bahkan saat ada tugas juga lebih mudah menggunakan hp. Siswa boleh bawa hp asal tidak menggangu proses belajar mengajar di kelas,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Freni Listiyan SSi MSi.(05)

News Feed