oleh

Siswa Baru Diajarkan Calistung

-Pendidikan-70 views

PRABUMULIH – Masuk hari ke empat di tahun ajaran 2019-2020, seluruh siswa semua tingkatan mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Jika di tingkat sekolah menengah sudah mengikuti proses Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), para siswa SD mulai mengikuti kegiatan Baca Tulis dan Menghitung (Calistung).

“Untuk siswa kelas 1 SD mulai memperkenalkan angka dan huruf sebagai pertemuan pertama dalam proses belajar mengajar di kelas,”kata Kepala Bidang pendidikan sekolah dasar, Rinduan SPd MSi melalui kasi kurikulum dan penilaian, Witomo Atmojo SPd.

Meski sudah merupakan aktivitas yang biasa bagi para siswa yang sudah ikut di taman kanak-kanak, namun sesuai dengan Kurikulum hal tersebut harus tetap di jalankan sebagai proses pembelajaran dan mengingat kembali angka dan huruf untuk siswa di tingkat dasar.

“Kalau ada yang belum bisa membaca dan menulis di kelas 1 itu biasa. Karena itulah para guru di kelas 1 harus kerja ekstra untuk mendidik anak sejak duduk dikelas 1 hingga tuntas.

Apalagi dalam proses penerimaan peserta didik baru SD tidak boleh ditolak meski siswa belum bisa membaca dan menulis apa lagi berhitung. karena dalam proses belajar mengajar di taman kanak-kanak ataupun Pendidikan Anak Usia Dini itu hanya masa peserta didik bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman sekelasnya.

Masa sekolah di TK dan PAUD itu adalah belajar sambil bermain, proses dan pencapaian hasil belajarnya bukan merupakan tujuan akhir. Melainkan pencapaiannya adalah para siswa biasa, bersosialisasi dengan teman sejawatnya dan dapat mengikuti instruksi dari guru untuk menuju jenjang pendidikan tingkat SD.

“Barulah di tingkat SD waktunya benar-benar belajar untuk mengenali huruf dan angka hingga belajar membaca menulis dan berhitung,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed