oleh

Siram Toga Andalkan Sumur Gali

-Kecamatan-107 views

GUNUNG IBUL – Selama musim kemarau warga tak hanya kesulitan untuk kebutuhan rumah tangga, namun juga kesulitan air untuk menyiram Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Agar tanaman tiga tetap terjaga, dan tumbuh subur warga RW 6 membuat sumur gali khusus untuk menyiram toga. “Kami memang sulit air, jadi untuk menyiram toga yang ada di RW 6 dibuatkan sumur gali,” kata ketua RT 1 RW 6 Siti Kholifa.

Sementara untuk menyiram toga kata dia, telah dibuatkan jadwal piket mulai Senin – Sabtu. “Bu Rw bagi piketnya, sehari paling sedikit orang. Terdiri dari kader posyandu dan anggota KWT untuk piket menyiram toga,” bebernya.

Sedangkan dihari Minggu lanjutnya, seluruh ibu-ibu KWT dan kader PKK bergotong royong menyiram tanaman. “Kalau hari Minggu kumpul semua nyiram, karena sambil silaturohmi sekaligus bertukar fikiran membahas apa kalau ada kegiatan atau ada ide-ide,” lanjutnya.

Ditambahkan Siti untuk tanaman toga yang ada dirumah masing-masing warga lanjutnya, disiram dari air sumur bor. “Kebetulan ada yang jual air, jadi kami beli. Dan memang setiap kemarau rutinitas kami membeli air karena memang sulit air,” imbuhnya.

Sementara itu Juana Santi, yang merupakan istri dari ketua RW menyampaikan pembibitan toga terus dilakukan. “Khusus seperti kunyit, bawang dayak itu kita pecah- pecah untuk supaya banyak bibitnya,” kata dia.

Disampaikannya, saat ini dari tanaman toga belum dilakukan panen. “Kalau toga belum panen raya, tapi sementara ini panen untuk anggota kelompok dulu seperti daun kelor, daun kates daun kencur dan lainnya,”pungkasnya.(08)

Komentar

News Feed