oleh

Simpan Daging dalam Frezer, Tak Perlu Dicuci

-Kecamatan-49 views

PRABUMULIH – Penyembelihan hewan kurban, dibeberapa lokasi dan masjid dilakukan kemarin. masing-masing rumah rata-rata menerima daging kurban yang dibagikan oleh panitia. Tak sedikit warga, yang menerima kiriman daging kurban dengan jumlah banyak. Daging yang diterima, terkadang disimpan dilemari pendingin agar bertahan lama.

Nah, agar daging tetap segar dalam kurun waktu yang lama. Kepala Dinas Pertanian Drs Syamsurizal SP melalui Kabid Peternakan Iswan Hadi SH, menyampaikan daging yang diterima hendaknya tak dicuci sebelum dimasukkan didalam lemari pendingin. “Daging yang didapat, langsung masukan saja ke dalam frezer lemari es. Tidak perlu dicuci,” katanya.

Hanya saja ungkapnya, selain disimpan di frezer, kemasan untuk menyimpan daging tak menggunakan kantong plastik atau asoi. “Terutama jangan mengguna kantong plastik yang berwarna hitam, karena mengandung karbon. Baiknya memang menggunakan wadah khusus,” bebernya. Ia menuturkan, daging yang tersimpan dengan baik, akab bertahan lama. “Kalau frezernya bagus bisa 1 bulan, daging masih bagus,” ucapnya.

Sementara itu, disinggung terkait pemeriksaan antemortem. Hingga siang ungkap Iswan sedikitnya sudah sekitar 3 Kecamatan yang didatangi. “Cambai, Prabumulih Utara dan RKT sudah didata. Tidak ada yang mengandung penyakit, alhamdulillah semua sehat. Kunjungan dan pendataan masih akan dilakukan selama 3 hari kedepan. Karena ada 4 hari dimulai hari ini,plus 3 hari raya tasrik, ” ungkapnya.

Dari hasil pendataan dihari pertama ungkapnya sekitar 110 sapi dan 230 kambing yang dikurbankan. “Ini data dari beberapa tempat, dan belum semua,” tukasnya. Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia H Ali Aman SAg MM melalui sekertaris MUI Munzir mengingatkan, agar kiranya masyarakat tak lupa untuk berbagi. “Hanya sekedar mengingatkan, jangan berlomba lomba ngumpulin daging kurban, berbagi. Lihat kiri kanan depan belakang, walaupun judulnya dikasih orang tetap saja harus berbagi. Kurbankan hartamu karena Allah, Insyalllah berkah,” kata Munzir.

Ia menambahkan, ada tiga penerima daging kurban yang berhak. Yakni yang berkurban, maksimal sepertiga , tetangga sahabat, dan fakir miskin. “Untuk yang tergolong dalam tetangga sahabat walaupun kaya tetap berhak menerima,” ucapnya.(08)

Komentar

News Feed