oleh

Siapkan Vaksin Rabies Gratis

PRABUMULIH – Dinas Pertanian melalui Bidang Perternakan, dua minggu belakangan ini telah mulai melakukan vaksinasi vaksin rabies di Kota Nanas ini.

Sebanyak 1.500 vial vaksin rabies disiapkan bantuan dari Provinsi. Informasi dihimpun awak media, sebanyak 300 vial vaksin rabies sudah disuntikan ke pemilik hewan peliharaan. Khususnya, anjing dan kucing.

“Target kita 1.500 hewan hingga akhir tahun dilakukan vaksinasi vaksin rabies. Memang, stok vaksin rabies dari Provinsi berjumlah 1.500 vial,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Ir H Pribadi Roso Sarosa melalui Kabid Peternakan, Iswan Hadi SP kepada awak media, Senin (5/4/2021)

Vaksinasi ini, kata dia, dalam rangka pencegahan penyakit rabies. Jika ada manusia, digigit anjing atau kucing terkena penyakit rabies.

“Apabila digigit, hewan terkena rabies. Yaitu, anjing dan kucing. Bisa menyebabkan, meninggal dunia. Makanya, kita imbau para pemilik hewan khususnya anjing dan kucing untuk melakukan vaksinasi. Bisa berkoordinasi dengan kelurahan, nantinya petugas medis akan datang melakukan penyuntikan,” terangnya.

Sebut Iswan, ada 5 petugas medis melakukan vaksinasi rabies. Dan, sekarang ini akunya baru bergerak di Kecamatan Prabumulih Timur.

“Di mulai dari Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), sejumlah hewan peliharaan sudah mulai dilakukan penyuntikan vaksin rabies,” bebernya.

Lanjutnya, penyuntikan vaksin rabies ini untuk menghindari adanya kasus rabies di Kota Nanas ini. “Mudah-mudahan, tidak ada kasus rabies tahun ini di Prabumulih. Kalau stok vaksin rabies, kita kurang. Akan segera kita ajukan ke Provinsi, meminta pengiriman,” tutupnya. (03)

Komentar

News Feed