oleh

Siapkan Layanan Haji Terpadu

PRABUMULIH – Mempermudah masyarakat yang ingin berangkat haji ke tanah suci, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) akhir Januari nanti akan dioperasikan layanan haji terpadu.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag), Drs H Yeri Taswin MPdI mengatakan, dalam pengoperasian layanan haji terpadu bekerja sama dengan BRI Syariah mandiri. Yakni dengan menyiapkan loket khusus pembayaran haji.
“Datang langsung ke Kemenag, masyarakat yang mau naik haji. Silakan mendaftar dan bisa langsung membayar ke BRI Syariah, lalu selanjutnya bisa mendapatkan nomor porsi haji. Kapan keberangkatan hajinya,” jelas Yeri dibincangi koran ini, akhir minggu ini.
Sambungnya, layanan tersebut beroperasi sesuai dengan jam kerja atau jam kantor Kemenag. Dan pihaknya bersama BRI Syariah menyiapkan petugas khusus, untuk melayani masyarakat yang ingin berhaji.
“Kemudahan ini sengaja kita berikan, untuk membantu pengurusan masyarakat yang mau melaksanakan rukun islam kelima tersebut,” kata dia. Kasi Penyelenggara Umroh dan Haji (PUK), H Zakka Herry SAg menerangkan, kalau berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada 2018 ini, ada sekitar 229 orang Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat.
“Terdiri dari 223 orang dipastikan berangkat tahun ini, asalkan melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Sedangkan, 6 orang lagi sebagai cadang,” kata Zakka.
Ia menyebutkan, kouta haji Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri, sebanyak 6.988 orang CJH yang berangkat tahun ini. Disebutkannya, nomor porsi yang berangkat mulai 0600082316 sampai 0600089909.
“Ongkos haji tengah menunggu Keputusan Presiden (Kepres), kalau tahun lalu hanya sekitar Rp 33 jutaan. Pelunasan BPIH sendiri diprediksi mulai April hingga Mei mendatang. Jatah CJH berangkat tersebut, masih bersifat sementara,” bebernya. (06)

News Feed