oleh

Siap Wujudkan Kota Sehat

-Metropolis-32 views

PRABUMULIH – Mewujudkan Prabumulih menjadi Kota Sehat pada 2021, berbagai upaya telah diupayakan Pemerintah kota (Pemkot) dengan sejumlah program pendukungnya.

Setidaknya, ada 13 program telah dijalankan Pemkot. Hal itu disebutkan Walikota (Wako),

ketika melakukan paparan secara virtual di hadap Direktur Kesehatan Lingkungan, Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr Imran Agus SpKO di Ruang Rapat Lantai 1, Gedung Pemkot, Rabu (23/9/2020).

Wako, Ir H Ridho mengungkapkan, kota sehat itu meliputi segala aspek komplek.

“Kota sehat itu, sehat lingkungan. Lalu, sehat rumah, sehat mata pencaharian, dan lainnya,” ujar Ridho, sapaan akrabnya.

Menciptakan lingkungan sehat, akunya menolak pertambangan batubara karena berdampak pada kerusakan lainnya. “Bahkan, Peraturan Daerah (Perda) segera diterbitkan. Dan, Peraturan Walikota (Perwako) sudah dikeluarkan,” jelas Politisi Partai Golkar ketika memimpin rapat dengan pihak terkait, kemarin.

Selain itu, jelasnya, program bedah rumah dari zakat dan infak pegawai melalui Baznas terus dibangun. “Guna menyediakan rumah sehat dan layak bagi masyarakat,” tukasnya.

Nah, untuk masalah mata pencaharian masyarakat. Sebut Wako, diberikan bantuan modal mengandeng perbankan dan juga bantuan peralatan.

“Jadi masyarakat, bisa meningkatkan kesejahteraannya. Sehingga, sehat mata pencahariannya,” terang pria asal Ogan Ilir (OI).

Belum lagi, kata dia, program bangun masjid dan musholla serta rumah ibadah lain. “Termasuk juga, adanya gas kota sudah dinikmati masyarakat,” tukasnya.

Jelasnya, mewujudkan Kota Sehat 2021. Prabumulih benar-benar real, yaitu benar-benar menjadi kota sehat sebenarnya. “Kita minta seluruh OPD berpartisipasi dalam rangka mewujudkan kota sehat ini. Kalau yang benar-benar sudah kita lakukan, tinggal yang kecil-kecil dan bersifat administrasi saja,” ucapnya.

Direktur Kesehatan Lingkungan, dr Imran Agus SpKO menjelaskan, mengapresiasi langkah dan upaya Pemkot mewujudkan kota sehat.

“Hendaknya terus ditingkatkan lagi ke depannya, dan terus berinovasi. Sehingga, 2021 Prabumulih bisa benar-benar meraih predikat kota sehat,” pungkasnya.

Dari pantuannya sekilas, program Prabumulih mewujudkan kota sehat sudah baik. “Tetapi, memang ada sejumlah kekurangan dan harus dilengkapi dan diperbaiki,” sarannya. (03)

Komentar

News Feed