oleh

Siap Dibahas Dua Raperda

-Metropolis-267 views

PRABUMULIH – Dari sekitar enam rancangan peraturan daerah (raperda) yang diajukan oleh eksekutifternyata, baru dua raperda di antaranya yang dinyatakan siap untuk dibahas.

Kedua raperda tersebut yakni raperda pengelolaan air limbah domestik yang telah dilengkapi naskah akademik dan raperda tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi yang hanya sebatas revisi.

“Sejauh ini, baru dua raperda siap dilanjutkan pembahasannya. Sementara itu, empat raperda lainnya belum. Karena naskah akademiknya tidak ada,” ujar Ketua Badan Pembentukan Perda (Banperda) Drs H Idham Tergun MM kemarin (20/2), usai memimpin rapat koordinasi dengan mitra kerja dalam penyusunan perda di ruangan Badan Anggaran (Banggar).

Lanjut Ketua Komisi II DPRD, pihak memberikan waktu seminggu kepada Bagian Hukum dan Perundang-Undangan untuk melengkapi naskah akademik, supaya keempat raperda bisa ikut pembahasannya.

“Keempat raperda tersebut di antaranya; raperda tentang penyelenggaraan kesehatan, raperda tentang rumah susun sederhana, raperda daerah aliran sungai (DAS), dan raperda tentang pemekaran kelurahan. Kita beri waktu hingga Senin mendatang, agar naskah akademiknya dilengkapi,” kata ayah tiga anak ini.

Sebutnya, jika tidak lengkap sampai batas waktu ditentunya. Pihaknya akan menunda dahulu pembahasan raperda, sehingga perda yang telah lengkap dilanjutkan pembahasannya ke tingkat selanjutnya. “Kita lanjutkan raperda pada pembahasan ke depannya,” akunya.

Kabag Hukum dan Perundangan-Undangan, Benny Rizal SH MH dikonfirmasi menyebutkan, kalau pihaknya akan segera melengkapi naskah akademik tersebut. Sehingga, bisa dilanjutkan pembahasannya oleh DPRD.

“Memang ada empat raperda, naskah akademiknya belum adan dan akan kita lengkapi. Sampai batas waktunya, naskah akademiknya sudah ada,” ucapnya.

Apalagi, menurut Benny keenam raperda yang diajukan tersebut. Sudah berdasarkan skala prioritas, untuk segera dibahas dan disahkan. “Sebagai produk hukum, untuk sejumlah kegiatan pemerintahan dan juga masyarakat,” tukasnya. (06)

News Feed