oleh

Siagakan Personel di Perbatasan

-Hukum-201 views

PRABUMULIH – Masih banyaknya truk batu bara yang nekat melintas di tengah kota makin mengkhawatirkan.
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Prabumulih pun tak tinggal diam. Mereka mulai mengambil sikap tegas dengan menempatkan sejumlah personel di titik-titik tertentu khususnya di perbatasan kota serta melakukan penertiban.
“Ini kan sudah jelas dari dulu sudah ditegaskan kalau aturannya bagi truk batu bara dan kayu itu melintasnya ke Jalan Lingkar dan dilarang untuk lewat jalan kota. Mobil angkutan yang boleh lewat jalan kota itu hanya mobil angkutan BBM dan Sembako saja,” ungkap Kepala Dishub Pemkot Prabumulih, Mulyadi Musa Msi kemarin (22/5).
“Makanya kita mulai sekarang ini menempatkan sejumlah petugas untuk berjaga-jaga di setiap titik masing-masing lokasi jalan di perbatasan kota,” kata dia.
Agar tidak sampaik truk-truk tersebut lolos dan masih melintasi jalan kota, dikatakan Mulyadi, para petugas Dishub yang ditempatkan itu bertugas secara bergantian dalam waktu selama 12 jam setiap harinya.
“Yang jelas, truk-truk yang melanggar langsung ditertibkan untuk kemudian kita serahkan ke Satlantas untuk dikenakan sanksi penilangan,” tegas Mulyadi seraya menuturkan, jika memang pelanggaran fatal dilakukan supir truk maka dapat dikenakan sanksi denda.
Lebih jauh disebutkan dia, bahwa Pj Wali Kota Prabumulih, H Richard Cahyadi AP Msi juga telah menegaskan melarang kendaraan besar jenis angkutan batu bara dan kayu melintasi daerah sekitar perkotaan Prabumulih untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
“Ini sudah kita lakukan mulai Minggu kemarin saya meminta tegas kepada anggota Dishub supaya melarang kendaraan besar masuk jalur kota, setiap hari akan dipantau,” bebernya.
Sementara, salah satu anggota Komisi 1 DPRD Kota Prabumulih, Adi Susanto SE mengatakan, persoalan larangan truk angkutan batu bara maupun kayu melintasi jalan kota tersebut, pihaknya lebih jauh telah menegaskan kepada seluruh pihak agar Perwako yang ada untuk ditaati dan dipahami oleh semua pihak.
“Tapi kalau dibiarkan, iya seperti ini kejadiannya masih saja ada yang lolos truk melintasi jalan kota. Disini kita kembali tegaskan ke pihak terkait dalam hal ini Dishub dan Satpol PP jangan hanya diam dan tidak gerak, tolong hal seperti ini segera disikapi, jangan sampai sudah ada korban baru mau bertindak nantinya,” terangnya.
Bahkan, dikatakan Adi, pihaknya pun sebelumnya juga secara langsung telah menyampaikan keluhan masyarakat ini kepada Pj Wali Kota, H Richard Cahyadiu AP Msi yang kemudian direspon langsung dengan mempertegaskan kembali kepada petugas Dishub untuk segera menyikapi truk-truk yang berani melintas itu.
“Hal ini juga sudah pernah menyampaikan melalui paripurna dan dipertegaskan Pj wali kota kepada Dishub yang harusnya tanggap dan bekerja sebagaimana mestinya. Tapi kenyataan sepertinya tidak berjalan dan tidak ada gerakan ini ada apanya sehinga masyarakat banyak mengeluhkan hal ini,” tandasnya. (07)

News Feed