oleh

Siaga, Siapkan 1 SSK ke Donggala

-Metropolis-317 views

PRABUMULIH – Musibah gempa dan tsunami kembali terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan Kota Palu belum lama ini, meluluh lantahkan bangunan dan menelan banyak korban jiwa.
Nah, dalam rangka menghadapi tugas atau perintah komando atas, untuk membantu penanggulangan gempa. Sesuai perintah Direktur Zeni Angkatan Darat (Dirziad), Brigjen TNI Muhammad Munib, S.I.P. seluruh satuan Zeni harus mengelar apel kesiap siagaan. Termasuk, Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 2/Samara Grawira (SG) yang berada dibawah perintah Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Irwan SIP MHum.

“Iya tadi apel kesiap siagaan pasukan sudah digelar. Personel dan kelengkapannya sudah kita cek. Termasuk peralatan pendukungnya juga. Kita siagakan 1 SSK Yonzipur 2/SG, tinggal menunggu perintah komando atas,” ujar perwira menengah berpangkat dua melati di sela-sela apel kesiap siagaan tersebut di Lapangan Kantor Kesatriaan Yonzipur 2/SG, kemarin (30/9).
Tidak hanya siaga untuk di kirim ke Donggala, namun personel Yonzipur 2/SG harus siap dikirim ke daerah lainnya. “Sebagai TNI, harus siap ditugaskan dimana saja,” bebernya.

Kata Zamroni, kalau sudah siap semuanya. Jika perintah dari komando atas turun, seluruh personel dan peralatan yang dibutuhkan tinggal diberangkatkan.

“Sekitar 200-an personel yang ikut apel kesiap siagaan ini. Kita periksa perlengkapan perorangan, supaya bisa bertahan minimal 3 hari jika mendapatkan penugasan membantu korban gempa di Donggala,” ucap pria asal Pemalang ini.
Saat ini sambungnya, personel Yonzipur 8 yang berada di Makassar selaku satuan yang terdekat sudah diberangkatkan untuk menanggulangi bencana alam di tempat tersebut. Begitu juga Denzipur 4 Manado, Yonzipur 4 Ambarawa, Yonzipur 5 Malang, Yonzikon 13 Jakarta sudah mendapat perintah untuk berangkat.

Sementara itu, Pasi 3/Pers, Lettu Czi Wahyudi menerangkan, sebanyak 200-an personel Yonzipur 2/SG sudah disiapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal berangkat saja.

“Tinggal menunggu perintah saja, sebanyak 1 SSK sesuai kata Danyonzipur 2/SG. Kita kirimkan atau berangkat ke daerah gempa. Baik, Donggala ataupun lainnya,” tambahnya. (03)

News Feed