oleh

Sering Kumat, ODGJ Tak Rutin Minum Obat

-Kecamatan-13 views

PRABUMULIH – Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), di Kota Prabumulih masih menjadi perhatian.

Keberadaan ODGJ juga terdeteksi di wilayah Puskemas Delinom Karang Raja. “Ada di wilayah kita, tapi itu sudah ada yang memang terpantau oleh kita dalam pengobatan,” kata Kepala Puskesmas Delinom H Nofrinain SST MSi belum lama ini.

Diakuinya, ada kendala dalam pengawasannya ODGJ. Salah satunya, yakni kurang kesadaran dari yang bersangkutan dalam mengkonsumsi obat. “Karena merasa sudah sehat, jadi stop minum tak rutin minum obat. Itu yang kadang kumat lagi. Padahal seharusnya masih harus tetap minum obat. Mungkin karena sudah bosan atau apa,” katanya.

Kemudian kata dia, pihak keluarga juga terkadang tak rutin mengingatkan untuk meminum obat. “Ada juga yang diingatkan tapi tidak mau, akhirnya keluarga menyerah dan kumat lagi. Harapan kami agar obat rutin diminum sesuai ketentuan,”ujarnya.

Sementara itu, tak jarang ODGJ masih berkeliaran, dan membuat resah masyarakat. Bahkan, ada pula ODGJ yang kadang dalam kondisi tak memakai pakaian. “Wong gilo tempat kami ini kadang muncul kadang ngulang, muncul pasti lagi dak pake pakaian. Atau lagi tedok atau ngais sampah,” kata Agus warga Kelurahan Majasari.

Ia mengaku tak mengetahui, dari mana asal orang gila yang sering mangkal di bawah gorong-gorong perbatasan Majasari – Kelurahan Prabumulih ini. “Kadang sudah telihat di Karang Raja, jalan jalan dio ne. Takutnyo gek parah ngejar wong, khawatir kalau anak anak dan ibu-ibu yang diganggu,” imbuhnya.

Selain di perkampungan, beberapa ODGJ juga terlihat di Jalan Sudirman. “Entahlah makin banyak bae wong gilo, kadang Ado di tengah jalan. Pernah jugo ke arah Tanjung Raman sano, wong gilo pas nian tegak di jalan,” keluh Yani.(08)

Komentar

News Feed