oleh

Serahkan 39 Kunci Rumah

-Metropolis-26 views

PRABUMULIH – Sebanyak 39 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) selesai dibangun Baznas diserahkan kepada penerimanya, Rabu (24/6).

Penyerahan simbolis itu, langsung dilakukan Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM bersama Ketua Baznas, H Najamuddin Said SAg kepada penerimanya di Pendopoan Rumah Dinas (Rumdin) Walikota (Wako).

Ridho, sapaan akrabnya mengatakan, hidup miskin itu tidak enak. Karena, miskin itu susah. Makanya, dari itu Pemerintah kota (Pemkot) berupaya agar masyarakatnya hidup layak. Salah satunya, dengan program bedah rumah membuat rumah jadi layak huni.

“Saya sendiri pernah merasakan hidup susah, waktu kecil hingga SMA di Jambi. Saya pernah jadi kenek angkot. Karenanya, selama menjadi Wako berupaya terbaik untuk kehidupan masyarakat, agar sejahtera. Bukan hanya RTLH kita bangun. Tetapi, warga tidak punya rumah dan lahannya numpang kita bantu bahan. Semuanya, jadi pikiran saya agar masyarakat Prabumulih hidup layak,” ucapnya, kemarin.

Iapun tak lupa, mengingatkan, agar masyarakat penerima bantuan rumah yang telah dibangun bersyukur. “Agar benar dihuni dengan baik, dijaga dan juga dirawat dengan baik. Karena, niat baik Pemerintah kota (Pemkot) membangun rumah masyarakat menjadi layak huni,” jelasnya.

Ketua Baznas, H Najamuddin Said SAg mengungkapkan, bedah rumah salah satu program unggulan Baznas. Setidaknya, sudah  ribuan rumah dibangun dari dana Zakat Infak Sodakoh (ZIS).

“Di tengah pandemi Covid-19, alhamdulillah sebanyak 39 rumah berhasil diselesaikan hingga akhirnya kuncinya secara simbolis bisa diserahkan hari ini,” ucapnya.

Sambungnya, perbulannya sekitar Rp 350 juta dana bantuan dari ZIS PNS Pemkot dan juga sumbangan sukarela lainnya perbulan. “Dan, mampu membangun sekitar 10 rumah perbulan bagi warga tidak mampu,” kata dia.

Sekarang ini, kata dia, data dihimpun dari Baznas setidaknya ada 150 daftar tunggu rumah warga tidak mampu segera dibangun Baznas.

“Per-rumahnya menelan biaya Rp 20-30 juta, dari RTLH menjadi RLH,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Baznas juga menyerahkan 1 unit kursi roda dan 1 buah alat dengar kepada yang menerimanya. (03)

 

Komentar

News Feed