oleh

Sempat Terjun Bebas, Klaim BPJS Kembali Lancar

Pengunjung RSUD Mulai Ramai

PRABUMULIH – Sempat sepi pengunjung akibat pandemi Covid-19. Kini, pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih kembali ramai.

Bahkan, klaim Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kota Prabumulih sempat terjun bebas karena sepi pengunjung kini berangsur normal. “Alhamdulillah sekarang Klaim BPJS sudah lancar. Tagihan BPJS diajukan sesuai jadwal dan selesai verifikasi langsung dibayar jadi sirkulasi sudah lancar,” kata Direktur RSUD Dr Hj Hesti Widyaningsih MM, Senin (14/12/2020).

Dimana kata dr Hesti, pembayaran terakhir BPJS diselesaikan pada bulan Juli –Agustus 2020. “Bulan selanjutnya hingga November masih kita ajukan, itu juga kita melayani pasien dari luar seperti Muara Enim, Pali dan Ogan Ilir,” ucapnya.

Lalu disinggung terkait total tagihan BPJS? Perempuan berjilbab ini mengakui, untuk saat ini tagihan hanya mencapai Rp 1 Miliar. Dari total tagihan di masa normal sebelum covid 19 yang mencapai Rp 2 Miliar. “Bahkan pernah sampai Rp 3 Miliar saat normal. Dan memang sejak covid turun,” bebernya.

Perempuan yang pernah menjabat Sekertaris Dinas Kesehatan ini, mengakui di awal-awal kunjugan ke RSUD turun drastis. Hal itulah yang membuat klaim BPJS terjun bebas hingga 30 persen. “Yang terjun bebas di bulan April – Mei, itu benar-benar kunjungan turun. Tapi sejak Juni – Juli sudah mulai banyak lagi, dan sudah masa pemulihan 50-60 persen dari klaim normal,”jelasnya.

Bahkan ketika itu, lanjut ibu 2 putri ini tak hanya kunjungan pasien umum yang turun drastis. Ruang persalinan di RSUD pun mendadak turun pasien. “Entah mungkin melahirkan diklinik, atau dimana sampai yang melahirkanpun sepi di RSUD, pasien melahirkan jadi turun,” tukasnya.

Sementara itu, Idrus salah satu keluarga pasien melahirkan di RSUD dari Ogan Ilir (OI) dibincangi tak lagi khawatir untuk mendatangi Rumah Sakit. “Ah sekarang idak takut lagi, yang penting protokol kesehatan. Ada keluarga yang melahirkan,” katanya singkat.

Pantauan koran ini, berbeda dengan beberapa bulan pasca pandemi covid-19 dimana kondisi RSUD tampak sepi. Kini pengunjung RSUD kembali ramai, selain keluarga pasien yang terlihat banyak hilir mudik ke RSUD. Parkiran kendaraan di RSUD juga mulai penuh dibanding awal pandemi covid-19.(08)

 

Komentar

News Feed